Indibiz, ekosistem solusi bisnis digital, dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, memberikan pelatihan digitalisasi bisnis kepada pelaku UKM di Pontianak. 

Tidak kurang puluhan wirausahawan lokal Pontianak menghadiri kegiatan yang tidak hanya berupa mendapatkan materi tapi juga berbagai akses langsung ke layanan produk Indibiz dan mitra strategisnya seperti akses pasar dan pendanaan.

"Indibiz hadir sesuai arahan Presiden bagaimana untuk UKM naik kelas. Karena masalah mereka adalah peningkatan produktivitas dan kapabilitas yang bisa dicapai melalui digitalisasi bisnis,” kata Direktur Enterprise & Business Service Telkom FM Venusiana di Pontianak, Jumat. 

Dalam sesi pelatihan ini, Indibiz bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani dan difasilitasi oleh Rumah BUMN memberi banyak materi fundamental mengenai digitalisasi bisnis. Materi tersebut antara lain mengenai managemen keuangan digital, digitalisasi proses produksi, hingga penetrasi pemasaran melalui channel digital seperti e-commerce, media sosial, dan social commerce.

Pelatihan ini menjadi salah satu tindak lanjut komitmen kerja sama antara Indibiz dan PNM sebelumnya. Kedua lembaga ini sepakat meningkatkan akses digital bisnis kepada pelaku usaha di daerah. 

PNM sendiri lembaga keuangan milik pemerintah yang berfokus pada pembukaan akses modal bagi pelaku usaha kecil dengan jumlah nasabah mencapai lebih dari 15 juta.

“Untuk membantu mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan bagi pelaku dunia usaha, Indibiz menggunakan empat pilar utama salah satunya adalah kolaborasi solusi pembiayaan dengan lembaga keuangan,” jelas E. Kurniawan, OVP Enterprise Regional Management (ERM) Telkom Indonesia.

Adapun 3 pilar lainnya adalah; Pertama, solusi platform dan layanan digital. Kedua, kolaborasi dengan start up dan para developer yang fokus untuk solusi kemajuan dunia usaha. Dan pilar selanjutnya adalah kolaborasi bersama komunitas dunia usaha untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

Ke depannya, sosialisasi serupa akan digelar di banyak wilayan lainnya. Diharapkan solusi bisnis digital bisa menyentuh semua pelaku usaha secara merata baik di daerah urban, sub-urban, hingga rural. 

Menurut salah satu peserta Erna Juwita, kehadiran Indibiz sangat membantu usaha tenun soketnya. Melalui pelatihan ini, dia mengetahui Indibiz memiliki solusi digital yang bisa mengatur keuangan usahanya secara mudah.

 “Pembayaran jadi lebih cepat dan tepat. Kami juga bisa mendapat banyak akses pasar dan pameran ke depanya” katanya.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023