Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono mengajak pemilih pemula di kota tersebut dapat menjadi pemilih yang cerdas dengan memilah informasi yang diterima menjelang Pemilu 2024.

"Sebagai pemilih pemula, kalian tidak boleh terpancing dengan masalah-masalah yang memicu perpecahan. Jadilah pemilih cerdas yang kritis, ketika diberikan informasi dianalisis dulu masalahnya apa sehingga tidak mudah terbawa arus," kata Edi Kamtono saat ditemui pada kegiatan Sosialisasi Pendidikan Politik Bagi Pemilih Pemula di SMA Negeri 4 Pontianak y, di Pontianak, Rabu.

Dalam kegiatan yang diadakan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pontianak tersebut, Wali Kota Pontianak mengatakan kegiatan ini sebagai upaya untuk menggalakkan tentang bagaimana menyikapi tahun politik kepada pemilih pemula yang baru pertama kali mengikuti Pemilu pada 2024 mendatang.

"Kewajiban kita sebagai pemerintah untuk menyampaikan kepada mereka bahwa Pemilu 2024 tetap kita hadapi dan menjadikan pemilu yang menggembirakan serta pesta politik yang membangun dan positif," kata dia.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 4 Pontianak, Dede Hidayat, mengatakan sasaran sosialisasi adalah siswa kelas XII yang rata-rata sudah berumur 17 tahun.

Di SMA Negeri 4 Pontianak, secara keseluruhan jumlah siswa kelas XII mencapai 318 orang, namun yang hadir pada kegiatan itu hanya 127 orang karena mengingat keterbatasan tempat dan waktu. Sebagian dari pelajar tersebut, akan berusia 17 tahun pada 2024 mendatang, sehingga sudah dapat menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024.

Dede Hidayat berharap para siswa dapat fokus mencermati arahan dari Wali Kota Pontianak dan Ketua KPU Kota Pontianak Deni Nuliadi saat sosialisasi berlangsung.

 

Pewarta: Dedi dan Ananda

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023