Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat melakukan pencegahan stunting dengan menggelar Jambore Genre Kubu Raya tahun 2023 yang melibatkan para remaja.

"Jambore Genre menjadi salah satu magnet yang mampu menekankan pentingnya memberikan perhatian pada remaja," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Senin.

Dia menegaskan, Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberikan perhatian khusus kepada perempuan, anak-anak, dan penyandang disabilitas.

Masih terkait itu, dia mengatakan, pemkab menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan khusus yang melibatkan kelompok ini, agar mereka merasa diperhatikan dan dianggap penting oleh pemerintah.

Muda juga menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menjunjung tinggi prinsip inklusifitas, dengan berupaya menyatu dengan masyarakat di setiap tingkat.

"Melalui Jambore Genre ini, diharapkan generasi muda dapat menjalankan tanggung jawab mereka sebagai agen perubahan yang berkontribusi positif bagi negara, bukan menjadi beban," tuturnya.

Pada kegiatan tersebut, Muda mengingatkan Duta Genre Kubu Raya agar selalu berpikir secara global, dan tidak hanya menjadi pengikut, tetapi menjadi inovator.

Ia juga menekankan pentingnya sikap tanggung jawab, inisiatif, dan semangat juang bagi generasi muda.

Di tempat yang sama, Bunda Genre Kubu Raya, Rosalina Muda, juga menyampaikan rencananya untuk mengunjungi seluruh kecamatan di Kubu Raya pada Oktober 2023. Selama kunjungan tersebut, ia akan berbagi pengetahuan, memberikan edukasi, dan bertukar informasi terkait tugas Duta Genre di masing-masing kecamatan serta hal-hal yang perlu dihindari dan ditolak oleh mereka.

"Pentingnya merencanakan masa depan dengan baik, termasuk menghindari pernikahan dini, seks bebas, dan penyalahgunaan narkoba. Duta Genre diharapkan dapat menjadi contoh dan idola bagi teman-teman sebaya mereka, serta memberikan inspirasi positif bagi masyarakat sekitar," kata Rosalina.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023