Pemerintah Kabupaten Sambas menyatakan sangat bangga karena kini daerah setempat memiliki Kebun Raya Sambas, dan merupakan kebun raya pertama yang ada di Kalimantan Barat.

“Peresmian Kebun Raya Sambas merupakan penantian masyarakat Sambas selama lebih 20 tahun. Berkat doa dan dukungan semua pihak, akhirnya Kebun Raya Sambas dapat diluncurkan," kata Bupati Sambas, Satono, saat dihubungi di Sambas, Senin.

Ia mengatakan bahwa agenda peresmian tersebut memiliki makna dan punya nilai histori panjang. Hal itu juga juga tidak lepas dari kontribusi nyata dari kerajaan Kesultanan Sambas.

"Kita dapat membaca sejarah kembali bagaimana ini juga buah dari upaya Pemerintah Kabupaten Sambas. Tentu kami mengucapkan terima kasih kepada BRIN, PUPR, unsur Forkopimda Sambas yang mendukung penuh pada peluncuran ini," ucapnya.

Terkait luas area kawasan Kebun Raya Sambas di Kecamatan Subah saat ini mencapai 184,5 hektare. Sementara untuk potensi luas kawasan itu sendiri mencapai 300 hektare. Kebun raya tersebut berfungsi sebagai konservasi, penelitian, edukasi, wisata dan jasa lingkungan agar seimbang dan proporsional.

Ia berpesan kolaborasi dan kebersamaan seperti hari ini agar dapat terus dirawat. Sehingga kemajuan Kabupaten Sambas semakin dekat. Sehingga Kabupaten Sambas mampu mencapai sebagai kabupaten berdaya saing dan terunggul.

"Ini bentuk kebersamaan, nilai nilai ini harus terus kita rawat agar Sambas terus maju dan mencapai kabupaten berdaya saing dan terunggul," katanya.

Peresmian Kebun Raya Sambas dihadiri Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN, Perwakilan Pemerintah Provinsi Kalbar, unsur Forkopimda, jajaran kepala OPD Pemkab Sambas, Camat dan tokoh adat serta tokoh masyarakat.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023