Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kalbar Anggini Sari mengatakan pihaknya memberikan perhatian dan mendorong pada sektor pariwisata sebagai alternatif sumber pertumbuhan ekonomi baru melalui digitalisasi.

"Sektor pariwisata ini bisa menjadi alternatif sumber pertumbuhan baru dan disinergikan dengan digitalisasi," ujarnya saat membuka acara Kapuas Economic Forum (KEF) di Pontianak, Senin.

Ia mengatakan bahwa saat ini pertumbuhan ekonomi Kalbar dihadapkan dengan tantangan nyata yaitu kontraksi pertumbuhan sektor pertambangan sebesar -12 persen (yoy) akibat belum optimalnya kemajuan pembangunan pengelolaan bauksit serta larangan ekspor bauksit yang diimplementasikan sejak Juni 2023.

Selain itu, perkembangan pangsa lapangan usaha industri pengolahan di Kalbar masih belum optimal sehingga perlu lebih didorong. Sehingga kemudian mendorong kita untuk mencari alternatif sumber pertumbuhan baru.

"Kembali, BI memandang sektor pariwisata dan ekonomi kreatif memiliki potensi pengembangan lebih lanjut untuk menopang kesenjangan tersebut, apalagi momentum akselerasi digital sejak pandemi terus meningkat. Hal ini tercermin dari pangsa lapangan usaha perdagangan yang terus meningkat terakhir sebesar 15,57 persen," jelas dia.

Selain itu, Kalbar memiliki keunggulan dari sisi wilayah yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Brunei Darussalam. Dengan hal itu melalui Pekan QRIS Nasional (PQN) yang dilaksanakan serentak secara nasional di seluruh kantor perwakilan BI diharapkan dapat mendorong serta memperkuat sektor pariwisata dan memperluas pembayaran lintas negara.

"Terkait kegiatan Pekan QRIS Nasional akan berlangsung pada 14-20 Agustus 2023 dengan berbagai kegiatan seperti sosialisasi dan edukasi untuk mendorong perluasan QRIS di berbagai sektor, komunitas, serta lapisan masyarakat," jelas dia.

Dalam Pekan QRIS Nasional bertujuan untuk mendorong perluasan QRIS. Kegiatan meliputi berbagai kegiatan seminar, edukasi serta QRIS Market Week yang dirangkai dengan kegiatan open booth showcase UMKM, food tenant, layanan masyarakat seperti pembuatan SIM, SKCK dan pembayaran pajak menggunakan QRIS, serta layanan perbankan dan berbagai perlombaan di Gaia Mall Kubu Raya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023