Polisi mencatat jumlah kapal di Pelabuhan Jongor, Kota Tegal, Jawa Tengah, yang terbakar pada Senin (14/8) malam mencapai 52 unit.

"Data terakhir sebanyak 52 kapal, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Satake Bayu Setianto di Semarang, Selasa.

Menurut dia, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan.

Ia menjelaskan Polda Jawa Tengah telah menerjunkan tim forensik yang akan bekerja bersama Satuan Reserse Kriminal Polres Tegal Kota.

Bayu menambahkan saat ini api sudah padam dan akan dilakukan olah TKP untuk mengetahui pasti penyebab kebakaran.

Menurut dia, kejadian yang bukan pertama kali terjadi tersebut akan menjadi evaluasi dalam pengelolaan kawasan Pelabuhan Jongor Kota Tegal ke depan agar kejadian serupa tidak terulang.

Puluhan kapal yang bersandar di Pelabuhan Jongor, Kota Tegal, terbakar pada Senin (14/8) malam.

Kebakaran diduga berawal dari KM Kurnia Jaya yang sedang bersandar.

Angin kencang mengakibatkan api dengan cepat merembet ke kapal lain.

Selain itu posisi yang saling berhimpitan mengakibatkan kebakaran terdampak pada banyak kapal.
 

Sebanyak 10 awak kapal penangkap ikan KM Angke Jaya 2 yang terbakar di perairan Teluk Jakarta ditolong personel KRI Teuku Umar-385 yang tengah beroperasi patroli keamanan dan kedaulatan di laut, Kamis (14/4).

Komandan KRI Teuku Umar-385, Letnan Kolonel Laut (P) Faisal Yanova Tanjung, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat, mengatakan, proses evakuasi di mulai saat melihat kepulan asap dari kejauhan lalu mereka mendekati dan mengidentifikasi kapal itu dengan cara kontak secara visual.
 
 
Kondisi kapal yang terbakar cukup besar mengakibatkan KRI Teuku Umar-385 tidak dapat berbuat banyak untuk memadamkan api yang telah membakar sekitar 80 persen kapal penangkap ikan itu. "Beruntung 10 awak kapal telah meninggalkan kapal ketika menyadari kebakaran tidak dapat ditanggulangi," kata Tanjung.

Ke-10 awak kapal yang adalah nelayan itu diperiksa kesehatannya sebelum dititipkan pada kapal ikan lain, KM Blessing 03, yang melintas di sekitar lokasi kejadian menuju Pelabuhan Muara Angke, Jakarta.Baca berita selengkapnya: KRI Teuku Umar-385 berhasil selamatkan 10 ABK dari kapal yang terbakar


Pewarta: Immanuel Citra Senjaya

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023