Polres Bengkayang, Polda Kalimantan Barat dengan rutin menggelar pengendalian massa (dalmas) dalam rangka meningkatkan kesiapan menghadapi Pemilu 2024 yang saat ini sudah memasuki berbagai tahapan.

“Tentunya dengan latihan ini dapat menjadikan seluruh personel siap untuk menghadapi situasi maupun eskalasi yang sewaktu-waktu dapat meningkat saat terjadi unjuk rasa,” ujar Kapolres Bengkayang AKBP Teguh Nugroho saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Ia menambahkan dengan latihan tersebut rutin digelar untuk mengasah kemampuan dan kesiapan personel dalam menghadapi unjuk rasa yang sewaktu-waktu berkembang dan menjurus anarkis.

Selain itu, ia menambahkan bahwa hal tersebut juga akan memantapkan kesiapan dalam mengantisipasi kerawanan yang akan terjadi. Semua potensi kerawanan bisa dipetakan dan diantisipasi.

“Kami matangkan latihan dalmas seperti dalam gerak cepat pasukan dalam berkumpul, menyiapkan, menggunakan kelengkapan dan peralatan dalmas. Tidak hanya itu, berbagai formasi dalam dalmas juga langsung dipraktekkan dalam latihan kali ini,” katanya.

Ia mengatakan latihan tersebut akan rutin dilakukan, dua kali dalam satu minggu dan akan terus berlanjut hingga minggu berikutnya.

"Saya berharap ke depannya semua anggota mempunyai kemampuan dan keterampilan yang terasah. Sehingga personel lebih siap dalam menghadapi segala ancaman yang lebih komplek terutama dalam menghadapi Pemilu 2024 yang akan datang. Kami mengajak masyarakat untuk bersama menjaga kamtibmas sehingga pemilu berjalan lancar dan aman," katanya.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023