Seorang polisi yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas di Polsek Sekadau Hilir memberikan edukasi dan sosialisasi terkait tertib lalu lintas kepada anggota pramuka Saka Bhayangkara di Sekadau Kalimantan Barat.

"Penting bagi pramuka menjadi teladan dan pelopor bagi masyarakat agar tertib berlalu lintas saat berkendara," kata Bhabinkamtibmas Bripka Subhan Syah Khan, di Sekadau, Minggu sore.

Disampaikan Subhan, peraturan dan tertib berlalu lintas perlu ditanamkan sejak dini kepada anggota pramuka yang merupakan pelajar tingkat sekolah menengah atas (SMA).

Menurut dia, tertib dalam berlalu lintas tidak hanya untuk diri sendiri melainkan juga untuk menjaga keselamatan penggunaan jalan lainnya.

"Pramuka memiliki peranan strategis dalam mensosialisasikan peraturan berlalu lintas mulai dari keluarga hingga lingkungan masyarakat, jadilah contoh dan teladan di masyarakat," katanya.

Selain itu, Subhan juga berpesan agar para anggota pramuka selalu disiplin dan mentaati aturan di sekolah mengukir prestasi dalam meraih cita-cita.

Dia mengatakan di tengah perkembangan teknologi informasi saat ini anak-anak pramuka mesti lebih kreatif dan inovatif baik di sekolah maupun di masyarakat.

"Isi waktu luang dengan kegiatan positif dan menjauhi segala bentuk pergaulan bebas dan penyalahgunaan narkotika," ucapnya.

Subhan juga memberikan motivasi kepada anggota pramuka agar selalu optimis untuk meraih cita-cita dan menerapkan disiplin.

"Saya yakin anak-anak pramuka dapat menjadi contoh dan teladan di sekolah dan di masyarakat, menjadi generasi yang tangguh," kata Subhan.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023