Romi Wijaya secara resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Barat, Harisson yang  berlangsung di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar di Pontianak, Selasa (19/09/2023).

Pelantikan Pj Bupati ini turut dihadiri Bupati Citra Duani dan Wakil Bupati Effendi Ahmad yang telah berakhirnya masa jabatan periode 2018-2023 dan unsur Forkopimda Provinsi Kalbar, unsur Forkopimda Kabupaten Kayong Utara serta kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Kayong Utara.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Kalbar berpesan kepada Pj Bupati yang telah dilantik agar melakukan kerja nyata diantaranya pengendalian inflasi, menekan angka stunting, penurunan kemiskinan ekstrem, memastikan penyelesaian fasilitasi pelaksanaan pemilu dan pemilihan kepala daerah tahun 2024 serta memastikan pembinaan netralitas ASN dalam menyambut tahun politik dapat dilakukan secara optimal.

"Setiap penjabat kepala daerah itu agar memperhatikan pengendalian inflasi, mengendalikan biaya-biaya pokok kemudian kita juga harus menekan angka stunting dalam rangka mempersiapkan  generasi di 2025, nanti usia produktifnya akan lebih banyak maka kita persiapkan," kata Harisson.

Ia juga berpesan kepada Pj bupati untuk menghapuskan kemiskinan ekstrem dan menekan angka pengangguran terbuka dan menjaga ketertiban dan keamanan di masyarakat.

Selain itu, Pj Gubernur Kalbar juga menambahkan agar pemerintah Kabupaten Kayong Utara dapat mengoptimalkan dokumen rencana pembangunan daerah tahun 2024-2026.

"Mengoptimalkan dokumen rencana pembangunan daerah tahun 2024-2026 sebagai jembatan seluruh program dan kegiatan pembangunan pasca berakhirnya RPJMD Kabupaten Kayong Utara tahun 2018-2023," ungkap Harisson.

Berikut profil dan biodata Romi Wijaya, Penjabat (Pj) Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat terpilih, sebagai pengganti Citra Duani.
 
Harisson lantik Penjabat Bupati Kayong Utara Romi Wijaya (ANTARA/HO)



Romi Wijaya terpilih menjadi Pj Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat seperti yang tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Mendagri Nomor 100.2.1.3-3719 Tahun 2023 tanggal 7 September 2023, tentang pengangkatan Pj Bupati Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. 

Pria kelahiran Telok Air pada 25 Juli 1974 itu kini berusia 49 tahun. Ia merupakan putra daerah Kabupaten Kayong Utara dengan lulusan Administrasi Negara di Universitas Tanjung Pura Pontianak tahun 2005 dan Magister Manajemen Aset dan Penilaian Properti di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 2007.

Mengawali karirnya sebagai PNS, Romi Wijaya bertugas di Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Kalbar Bidang Analis Kepegawaian Pertama tahun 2005 dan Kepegawaian Pelaksana tahun 2023.

Kemudian, ditempatkan sebagai Kepala Sub Bagian Pengadaan dan Mutasi Pegawai Setda Kabupaten Kayong Utara tahun 2009, Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Kabupaten tahun 2010, Kepala Badan Kepegawaian Setda Kabupaten Kayong Utara tahun 2012.

Pada 2013 Romi Wijaya menjabat sebagai Sekretaris Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Dinas Pendidikan tahun 2015 hingga 2019. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah tahun 2019 dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan tahun 2020.

Kemudian menjabat Kepala Badan Keuangan Daerah tahun 2021 dan Asisten Adminitrasi Umum Setda Kabupaten Kayong Utara tahun 2022 serta saat ini, Romi Wijaya menjabat sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Kayong Utara dan terpilih sebagai Pj Bupati Kayong Utara, Kalimantan Barat tahun 2023.

Ada tiga penghargaan yang berhasil diraih oleh Romi Wijaya dalam riwayat jabatannya yaitu Satya Lencana Karya Satya 10 tahun dan 20 tahun yang diterima pada tahun 2006 dan 2014 dari Presiden RI serta penghargaan Lencana Korpri Emas dari Bupati Kayong Utara pada tahun 2018.

Pewarta: Rizal

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023