Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sultan Syarif Mohamad Alkadrie (SSMA) Kota Pontianak memberikan edukasi kepada enam pasien pengunjung rumah sakit tentang Kenali Hipoglikemia, Jumat (6/10/2023).

Perawat RSUD SSMA, Mardiana, S. Tr. Kep  menuturkan hipoglikemia adalah kondisi seseorang ketika kadar gula  dalam darahnya menurun di bawah batas normal (< 70 mg/dL). 

“Hipoglikemia ini dapat dialami oleh siapapun, namun kondisi ini  cukup sering dialami oleh seseorang yang menderita penyakit diabetes melitus," jelasnya.

Dia menambahkan, hipoglikemia tidak bisa dibiarkan begitu saja karena dapat mengakibatkan masalah kesehatan yang cukup serius hingga kematian. Oleh  sebab itu penting  untuk mengetahui serangkaian informasi mengenai penyebab, gejala dan cara mengatasi hipoglikemia. 

Dengan penyuluhan ini, Mardiana berharap agar masyarakat dapat memiliki pemahaman yang lebih baik dalam mengenali gejala hipoglikemia dan mengetahui  cara mengatasi serta mencegahnya.

"Segera  konsumsi larutan air gula atau makanan tinggi gula seperti permen jika mengalami  lelah, pusing, gemetar, pucat, keringat dingin atau jantung berdebar, dengan cara  melarutkan dua sendok makan gula pasir ke dalam segelas air putih," pungkasnya.



 

Pewarta: Rilis/Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023