Kesultanan Kadariah Pontianak memantangkan persiapan pelaksanaan Festival Budaya Nusantara 2023 yang merupakan rangkaian acara Milad Ke-252 Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

"Pada momen Milad Ke-252 Kota Pontianak yang jatuh 23 Oktober 2023 beragam kegiatan digelar baik yang rutin maupun yang baru seperti Festival Budaya Nusantara 2023," ujar Sultan IX Kadariah Pontianak Syarif Machmud Melvin Alkadrie saat konferensi pers di Pontianak, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa dalam rangkaian acara itu, panitia pelaksana akan mengundang sejumlah perwakilan kerajaan di Nusantara. Momen tersebut menjadi ajang untuk mengenalkan kebudayaan Kota Pontianak dan tradisi di Kesultanan Kadariah Pontianak

"Ada 80 kerajaan yang saat ini sudah diundang dan panitia tinggal menunggu konfirmasi kehadiran," jelas dia.

Ia menambahkan selain pihak kerajaan Nusantara, juga ada sekitar 40 peninjau dari negara tetangga untuk hadir di acara itu.

"Jadi akan ramai berpartisipasi baik dari dalam maupun luar negeri. Tahun ini spesial karena beragam agenda baru yang dihadirkan. Itu tidak terlepas dari dukungan semua pihak baik Pemkot Pontianak maupun Forkompinda serta masyarakat," kata dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Syarif Hasan Basri Alkadrie mengatakan kegiatan milad menjadi agenda bersama dan harus menjadi kebanggaan masyarakat Kota Pontianak.

Menurutnya, kegiatan yang digelar menjadi destinasi wisata yang bisa mendatangkan wisatawan baik dari dalam dan luar seperti karnaval air. Karnaval air yang memasuki tahun ketiga tersebut menjadi agenda napak tilas Raja Pontianak.

"Beberapa agenda kami hadirkan tahun ini dan tentu ada tambahan baru. Ini menunjukkan semakin baik. Harapanya ada agenda menjadi kalender wisata Kota Pontianak, " kata dia.

Sejumlah agenda yang akan dihadirkan di antaranya jamuan makan malam bersama raja nusantara, upacara adat, karnaval air, ekspor pasar rakyat, malam budaya Pontianak, zikir hadrah, festival bujang dare cilik, maulid Nabi Muhammad SAW dan sejumlah agenda olahraga.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023