Pemerintah Kabupaten Ketapang Kalimantan Barat menggencarkan promosi pariwisata melalui berbagai even, salah satunya turnamen voli pantai di Pantai Usu Akok Sungai Jawi, Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Ketapang, Sabtu (14/10). 

Melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan bersama Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Ketapang dan PBVSI Kalimantan Barat (Kalbar) menyelenggarakan  Junior dan Open Turnamen Voli Pantai se Kalbar.

"Ajang ini dapat menambah jam terbang para atlet dan mempromosikan lokasi wisata di Kabupaten Ketapang yang bermuara pada peningkatan ekonomi. Saya mengapresiasi dan menyambut baik ajang tersebut," kata Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, H Farhan.

Wabup berharap kegiatan ini berkesinambungan yang diselenggarakan oleh organisasi olahraga dan dapat digelar oleh masyarakat sekitar. 

"Semoga ini terus berlanjut, karena pantai ini sudah lama tidak aktif, tidak dikunjungi orang dalam jumlah yang banyak. Sehingga hanya masyarakat lokal yang beraktivitas sebagai nelayan. Semoga pantai ini dan objek wisata lainnya di Ketapang semakin maju dan berkembang," harap Wabup.

Pembukaan Kejurda Junior dan Open Turnamen Voli Pantai se Kalbar di Pantai Usu Akok Sungai Jawi, Desa Sungai Jawi, Kecamatan Matan Hilir Selatan, Ketapang, Sabtu. (ANTARA/Subandi)

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ketapang, Junaidi Firawan mengatakan turnamen ini digelar dalam rangka mempromosikan objek wisata di Ketapang, khususnya Pantai Usu Akok Sungai Jawi ini. "Jika ini sukses, mudah-mudahan di tahun depan kami bisa menggelar Kejurda dan open turnamen tingkat nasional," katanya.

"Tadi saya sudah diskusi dengan ketua harian PBVSI Kalbar, Pak Rizal akan membawa forum ini ke Rakernas PBVSI di Jakarta. Mudahan-mudahan ini dapat terealisasi," lanjut Junaidi.

Junaidi menjelaskan dipilihnya Pantai Sungai Jawi sebagai tempat kegiatan lantaran aksesibilitas yang mudah dijangkau. Kondisi pantainya juga dinilai sangat representatif.

"Kami harap semua pihak dan seluruh masyarakat dapat menjaga kebersihan pantai, sehingga destinasi pantai ini dapat dikunjungi, warga lokal, Kalbar maupun nasional," harap Junaidi.

Ketua PBVSI Ketapang, Uti Royden Top memaparkan, sebanyak 66 tim voli pantai dari tujuh kabupaten/kota mengikuti kegiatan tersebut. "66 tim tersebut dari Kabupaten Bengkayang, Sambas, Landak, Kayong Utara dan Kubu Raya. Kemudian Kota Pontianak dana dari Kabupaten Ketapang juga sebagai tuan rumah," paparnya.

Uti Royden Top menjelaskan kegiatan berlangsung tiga hari dan ada 88 kali pertandingan. Panitia menyiapkan tiga lapangan voli pantai untuk mengakomodir seluruh pertandingan. "Ajang ini kami padukan dengan peringatan hari pariwisata sedunia," ujarnya.

Pewarta: Subandi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023