Pemkab Ketapang menyelenggarakan Rapat Akbar Napak Tilas Perjuangan Pembangunan dan Budaya Ketapang Tahun 2023 di Ketapang, Senin. Koordinator Keamanan, Muslimin mengatakan untuk pengamanan kegiatan Napak Tilas direncanakan melibatkan 479 personil. 

"Pelibatan kekuatan pengamanan tersebut yakni unsur pimpinan delapan personel. Koordinator Pam lima personel, Pam Polri 206 personel dan TNI AD 80 personel. TNI AU atau Lanal 20 personel, Basarnas 10 personel dan Pol PP 150 personel," papar Muslimin saat Rapat Akbar berlangsung.

Muslimin juga Kepala Satpol PP Ketapang menjelaskan Napak Tilas akan berlangsung mulai 21 hingga 28 Oktober. Kemudian lokasi atau tempat kegiatan ada beberapa titik baik di Kota Ketapang maupun di daerah hulu. 

"Jadi pengamanan nanti kita bagi dua zona yakni di zona pesisir atau kota dan zona pedalaman. Misalnya pengamanan di zona kota kita lakukan pada penjemputan tamu, pembukaan acara dan lain sebagainya," jelas Muslimin. 

Menurutnya proses pengamanan oleh berbagai pihak selalu saling berkoordinasi. Ia juga berharap masyarakat bisa ikut berperan menjaga keamanan selama kegiatan Napak Tilas berlangsung. "Semoga hal-hal tak kita inginkan tidak terjadi," harap Muslimin. 

Ia menambahkan sistem pengamanan akan dilakukan sesuai situasional kegiatan. Terhadap kegiatan yang memang perlu pengamanan 24 jam maka diberlakukan roling petugas pengamanan. 

"Misalnya di lokasi pameran yang banyak barang-barang perlu pengamanan 24 jam, tentu harus kita lakukan pengamanan," tutur Muslimin. 

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023