Universitas Tanjungpura Pontianak melakukan pelantikan kepada 2.609 Wisudawan periode I tahun 2023/2024 sekaligus cetak rekor wisuda terbanyak sepanjang berdirinya Untan sejak 20 Mei 1959.

"Wisuda hari ini diikuti oleh program diploma, sarjana, profesi, magister dan doktor," kata Rektor Untan Prof. Garuda Wiko di Pontianak. Kamis.

Wisuda periode I 2023/2024 diselenggarakan di gedung Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak. Diikuti oleh 2.609 Wisudawan dengan 10 prodi terakreditasi unggul dan lima terakreditasi A.

"Total alumni lulusan Untan sampai saat ini berjumlah 106.845 orang," katanya.

Ia menjelaskan, Wisudawan periode I 2023/2024 berasal dari beberapa fakultas yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) 427 Wisudawan, Fakultas Pertanian (FAPERTA) 214, Fakultas Teknik (FT) 326, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) 366, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) 599, Fakultas Kehutanan (FAHUTAN) 161, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) 207, Fakultas Kedokteran (FK) 185 dan Fakultas Hukum (FH) 124.

 
Wisuda (ANTARA/Petrus-Mahasiswa Maagng FKIP)


"Keberadaan para Wisudawan akan menambah jumlah SDM di berbagai keahlian dan jenjang pendidikan tinggi," ujarnya.

Peningkatan SDM menjadi kunci kemajuan suatu bangsa dan menjadi isu penting diantaranya dalam KTT ASEAN tahun ini. Kekuatan SDM akan berdampak positif dalam menguatkan daya saing global Indonesia.

Ia menambahkan, Untan telah melahirkan sembilan guru besar dari berbagai bidang yaitu Prof. Jajat Sudrajat bidang ilmu ekonomi pertanian, Prof. Herry Sujaini bidang teknik informatika, Prof. Sulistyarini bidang ilmu pendidikan kewarganegaraan, Prof. Martoyo bidang administrasi publik, Prof. Ahadi Sulissusiawan bidang Pendidikan bahasa Indonesia, Prof. Ramadania bidang ilmu manajemen dan Prof. Nur Afifah bidang ilmu manajemen.

"Kolaborasi dengan dunia usaha dan industri nasional maupun internasional juga terus ditingkatkan," ujarnya.

Selain itu, Wiko juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Mahasiswa maupun Wisudawan Untan Pontianak atas capaian maupun prestasi yang diperoleh di tingkat lokal, regional, nasional maupun internasional.

"Prestasi yang diraih diantaranya Gold mendali kategori IT and Robotics pada ajang World Invetation Competition and Ehxibiton (WICE) di Malaysia 2023 dan tim terbaik regional 2 divisi pemograman serta prestasi lainnya," kata Wiko.

Pewarta: Petrus/Magang FKIP Untan

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023