Program Kartu Prakerja kembali menyelenggarakan Indonesia Skills Week (ISW) untuk mengajak masyarakat menjadi pembelajar sepanjang hayat (lifelong learner) dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang.

Sebanyak 361 pelatihan yang dapat diambil oleh peserta Prakerja dan tidak terbatas pada profesi tertentu. Seluruh masyarakat dapat  mengambil pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kompetensi di era disrupsi teknologi saat ini, agar keahlian yang dimiliki tetap relevan dengan perkembangan zaman.

Pendaftaran ISW telah dibuka pada 26 Oktober 2023 dan akan ditutup pada 2 November 2023. Program pelatihan tersebut meliputi pelatihan gratis, berbayar tapi terjangkau serta pelatihan dengan diskon 50 persen.

Deputi III Bidang Perekonomian Kantor Staf Presiden Edy Priyono  ketika membuka acara ISW pada 26 Oktober lalu mengajak alumni program Kartu Prakerja dan seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan semangat belajar tanpa henti dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang ada di dalam kegiatan ISW.

Program Kartu Prakerja adalah program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi tenaga kerja di Indonesia. Menurut Peraturan Presiden (PP) nomor 113 tahun 2022 tentang Pengembangan Kompetensi Kerja Melalui Program Kartu Prakerja, peserta program Kartu Prakerja 2023 dapat mengikuti pelatihan secara daring atau campuran (daring dan tatap muka).

Ke depan seluruh masyarakat yang telah mendapatkan pelatihan pada ISW diharapkan dapat menjadi agen perubahan yang mampu bergerak maju dan cepat, memotivasi masyarakat sekitar, dan membuat perubahan positif.

Sebanyak 98 persen penerima merasa Program Kartu Prakerja mampu meningkatkan kompetensi atau pengetahuan, keterampilan, dan soft skills. Sedangkan sebanyak 21 persen penerima yang awalnya menganggur sebelum mengikuti program, saat ini sudah bekerja secara profesional atau berwirausaha.

ISW kali ini diselenggarakan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda. Kegiatan ini menjadi kado dari pemerintah untuk angkatan kerja Indonesia guna menggali potensi diri dengan mengikuti berbagai pelatihan yang telah disediakan.


Hasil kolaborasi

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari, mengatakan ISW merupakan acara dua bulanan di mana masyarakat dapat mengakses aneka pelatihan dalam jaringan (daring) secara gratis, murah, dan mudah.

ISW bertujuan untuk menarik lebih banyak angkatan kerja guna mendapatkan kesempatan mengembangkan diri dengan memperoleh keterampilan, keterampilan ulang, dan peningkatan keterampilan atau skilling, reskilling, dan upskilling. 

Sementara itu, Direktur Teknologi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Samsu Sempena, menambahkan bahwa produk Prakerja ini tidak menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Pelatihan-pelatihan yang tersedia di ISW merupakan hasil kolaborasi lembaga-lembaga pelatihan.

Seluruh masyarakat dapat mengambil berbagai pelatihan dengan syarat telah berusia di atas 18 tahun dan telah memiliki akun Prakerja, tanpa batasan seperti yang ada di skema normal.

Jika dengan skema normal, ada syarat-syarat tertentu untuk bisa ikut pelatihan, tetapi di kegiatan sini, dari profesi apapun mulai mahasiswa, hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa mengambil program pelatihan dalam ISW.

 
Banyak manfaat yang telah dirasakan oleh peserta Prakerja setelah mengikuti pelatihan-pelatihan yang disediakan, dan bisa diakses di situs web skillsweek.prakerja.go.id. (ANTARA/HO-Prakerja)



Beberapa topik pelatihan yang paling banyak diminati atau menjadi highlight dan bisa diakses langsung di situs skillsweek.prakerja.go.id di antaranya yakni bahasa asing, gaya hidup, keuangan, makanan dan minuman, manajemen, teknologi informasi, penjualan dan pemasaran, perkantoran, pertanian, sosial dan perilaku, hingga teknik.

Pembelajaran sepanjang hayat atau lifelong learning merupakan sebuah keniscayaan untuk menjawab tuntutan perubahan dan kemajuan zaman di era disrupsi teknologi.

Berbicara tentang lifelong learning atau pembelajaran sepanjang hayat, sudah banyak kemajuan di zaman sekarang, ada disrupsi yang terjadi karena kecerdasan buatan atau Artificial Intellingence (AI). Kini juga sedang ramai dibahas tentang perubahan iklim. Jadi, banyak sekali perubahan, sehingga jika masyarakat tidak meningkatkan kapasitas diri akan ketinggalan, dan tidak relevan lagi.

Untuk itu, Program Kartu Prakerja sangat mendorong pembelajaran sepanjang hayat untuk masyarakat Indonesia dari segala usia, mulai dari yang belum memiliki pekerjaan, hingga yang sudah memiliki pekerjaan dan mapan agar tidak pernah berhenti belajar. Sebab, pada bidang-bidang tertentu, pekerjaan bisa tergantikan atau kebutuhannya berkurang, sehingga perlu peningkatan kapasitas atau upskilling.

Adapun waktu penyelesaian pelatihan yang diberikan pada ISW periode ketiga ini lebih lama dari sebelumnya. Untuk pelatihan gratis diberikan waktu 1 bulan, sementara untuk berbiaya harga sangat murah Rp20.000 dan diskon hingga 50 persen diberikan waktu penyelesaian hingga akhir tahun 2023.

Jika sebelumnya pada bulan Juni dan Agustus 2023 hanya satu minggu untuk menyelesaikan pelatihan.  tetapi  kini ada penyesuaian,  sampai satu bulan.

Dengan penyesuaian ini, masyarakat diharapkan bisa lebih banyak belajar dan lebih semangat, karena ada waktu yang cukup untuk mengambil dan menyelesaikan pelatihannya.

Pada ISW yang ketiga ini, Program Kartu Prakerja juga melakukan kolaborasi dengan Microsoft Philanthropist untuk program pelatihan tentang kecerdasan buatan atau Talenta AI. Program ini menyediakan pelatihan AI yang tentunya sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

"Jadi, Talenta AI ini untuk bisa mengadopsi AI dan big data, juga untuk mengerti tentang konsep keamanan, tentang pembelajaran mesin atau machine learning di sistemnya Microsoft, juga untuk pemrosesan bahasa. Itu adalah ilmu-ilmu yang ke depannya akan selalu ada otomasi menggunakan mesin. Jadi, dari materi-materi yang diberikan itu, tersedia sampai 100 ribu slot pelatihan yang diberikan untuk pelatihan ini," kata Samsu menjelaskan.

Program Talenta AI yang diluncurkan pada September 2023 lalu ini tidak hanya memberikan pelatihan bagi para pemula, tetapi juga pelatihan bagi tingkat lanjut agar keahliannya bisa terus relevan dan bisa lebih bermanfaat.

Nantinya, lulusan ISW akan disalurkan ke jalur profesional di perusahaan nasional maupun multinasional, dan jalur wirausaha.

Terkait penempatan, saat ini yang disediakan adalah fitur pencarian pekerjaan. Saat ini Program Kartu Prakerja sudah bekerja sama dengan beberapa job portal, dan lowongan-lowongan itu tersedia di dashboard , sehingga masyarakat didorong untuk membuka akunnya di Prakerja. Masuk di dashboard, nanti di situ bisa dilihat lowongan-lowongan pekerjaan yang relevan juga dengan kebutuhan masyarakat. 

Setelah menyelesaikan pelatihan, ada sertifikat yang akan diberikan untuk masyarakat. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk memastikan bahwa tidak hanya membeli pelatihannya, tetapi juga mengerjakan pelatihan sampai selesai.

Dari berbagai testimoni yang telah dibagikan, ada banyak manfaat yang dirasakan masyarakat, mulai dari mengalami pengalaman berlatih yang menyenangkan, mendapatkan ilmu baru yang membantu masyarakat, juga lebih efektif dalam aktivitas atau pekerjaan mereka.

"Ambil kesempatan ini untuk mengembangkan diri melalui upskilling dan reskilling. Mari menjadi bagian dari gerakan dari lifelong learning bersama-sama dengan teman-teman lain di seluruh dunia," kata Samsu.

Seluruh testimoni, tata cara pendaftaran, hingga pelatihan-pelatihan apa saja yang dapat diambil, terus diperbarui melalui media sosial Instagram @prakerja.go.id.

Masyarakat bisa melihat langsung pada akun Instagram tersebut mengenai informasi-informasi terbaru serta testimoni dari rekan-rekan yang sudah melakukan pelatihan, baik pelatihan skema normal maupun pelatihan dari ISW.
 

 

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023