Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat(Kalbar)  mengajak setiap organisasi masyarakat(Ormas) yang ada untuk bersama-sama menjaga kondusivitas di tahun politik.

"Kami telah melaksanakan rapat koordinasi pembinaan dan pemberdayaan ormas, dimana pada kesempatan tersebut kita  mengajak mereka untuk bisa berkontribusi menjaga kondusivitas daerah di tahun politik ini," kata Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat(Kesbangpolinmas) Kubu Raya, Amini Maros di Sungai Raya, Selasa.

Amini Maros mengatakan menjelang Pemilu 2024, pihaknya terus meningkatkan silaturahim  dengan ormas, sebab dalam membangun daerah pemerintah tidak bisa berjalan sendiri.

"Kita tentu juga dibantu oleh teman-teman dari ormas. Baik ormas sosial, keagamaan, kepemudaan, dan sebagainya. Kita kepung bakul. Kami mengajak semua teman ormas untuk berkolaborasi. Jadi tidak berjalan sendiri-sendiri," tuturnya.

Secara umum, lanjutnya, di Kubu Raya sendiri ada 192 ormas dan semuanya ternyata aktif.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam menyatakan Pemkab Kubu Raya sangat mendukung eksistensi dan kiprah ormas-ormas yang ada. Salah satu bentuk dukungan tersebut adalah pemberian bantuan hibah.

"Hari ini kita melakukan konsolidasi terkait dengan ormas lembaga kemasyarakatan yang menerima bantuan hibah dari pemerintah daerah, agar hibah ini bisa direalisasikan dengan sebaik-baiknya sesuai aturan dan ke depan juga bisa diusulkan. Ini semua dalam rangka kita bersinergi membangun daerah ini dan memberikan pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat," katanya.

Yusran menegaskan bahwa di dalam membangun dan melayani masyarakat, pemerintah daerah tidak mungkin bekerja sendiri.

"Kita harus kepung bakul. Semua semua elemen kita gerakkan," kata.

Lebih lanjut Yusran menuturkan untuk memperkuat eksistensi ormas, pemerintah kabupaten terus melakukan pembinaan, koordinasi, dan evaluasi. Hal itu dilakukan agar ormas dapat bertumbuh kembang.

"Kalau bisa lebih banyak lagi masyarakat yang ikut berorganisasi. Karena di dalam organisasi ini bisa meningkatkan kompetensi. Karakter masyarakat bisa terbentuk sehingga menjadi pemimpin-pemimpin ke depannya," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023