Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua meminta generasi muda setempat agar memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini untuk berkarya guna membangun daerah itu ke depan agar lebih baik.  

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi saat upacara Hari Pahlawan Nasional di Jayapura, Jumat, mengatakan dengan perkembangan era globalisasi dan teknologi yang semakin canggih saat ini menjadi kesempatan bagi generasi muda di daerah itu untuk berkarya dalam berbagai bidang.

"Saat ini generasi muda harus berjuang dalam memberikan ide dan gagasan serta tindakan nyata dalam pembangunan sebagai bentuk melanjutkan semangat para pahlawan," katanya.

Menurut Awi, generasi muda di Papua harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman di mana mampu menguasai teknologi informasi.

"Jadikan kemajuan teknologi untuk mengisi kemerdekaan dengan keahlian masing-masing baik di dunia pendidikan maupun dunia usaha," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya juga meminta seluruh masyarakat agar melalui momentum Hari Pahlawan Nasional 2023 dapat diisi kegiatan yang positif guna membangun bangsa dan negara.   

"Tetapi juga saling menghargai antar umat beragama sehingga tercipta suasana yang aman dan nyaman di Kota Jayapura," ujarnya

Dia menambahkan perjuangan para pahlawan harusnya menjadi inspirasi bagi generasi muda untuk terus bersemangat dalam mengisi kemerdekaan.

Dia mengatakan dengan tema Hari Pahlawan "Semangat Pahlawan Untuk Masa Depan Bangsa Dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan" pihaknya berharap menjadi semangat untuk meningkatkan kerja sama baik pemerintah dan pemangku kepentingan untuk lebih masif dalam mengatasi masalah itu.


Baca juga: Syarat menjadi pahlawan di hati kami 'tidak korupsi'
 

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan gelar pahlawan nasional untuk enam tokoh dari berbagai daerah, pada peringatan Hari Pahlawan 2023 di Istana Negara, Jakarta, Jumat.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 115/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional, keenam tokoh yang diberikan gelar pahlawan nasional yakni:

  1. Almarhum Ida Dewa Agung Jambe dari Bali
  2. Almarhum Bataha Santiago dari Sulawesi Utara
  3. Almarhum Mohammad Tabrani Soerjowitjirto dari Jawa Timur
  4. Almarhumah Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah
  5. Almarhum KH Abdul Chalim dari Jawa Barat
  6. Almarhum KH Ahmad Hanafiah dari Lampung

Acara penganugerahan tersebut dihadiri oleh para ahli waris dari para tokoh yang sekaligus mewakili para penerima gelar dan penghargaan.

Presiden Jokowi kemudian memberi ucapan selamat kepada para ahli waris penerima gelar pahlawan nasional.Baca selengkapnya: Presiden Joko Widodo anugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh

Pewarta: Ardiles Leloltery

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023