Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Timika di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah menggelar latihan under water scuba diving atau menyelam di Kaimana, Papua Barat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika George L.M Randang melakui rilis kepada ANTARA di Timika, Minggu, mengatakan dirinya memimpin langsung latihan menyelam pada Pos Pencarian dan Pertolongan Kaimana.

"Latihan ini didampingi juga oleh asesor kita perwakilan dari Badan SAR Nasional (Basarnas) pusat," katanya.

Menurut George, pelaksanaan latihan SAR under water scuba diving yang diikuti oleh tujuh personil rescuer dan satu instruktur, sejak 10 hingga 15 November 2023 di Resort Temintuni Kaimana.

"Jadi latihan kita telah berlangsung dan akan berlanjut hingga 15 November atau selama lima hari," ujarnya.

Dia menjelaskan dirinya berpesan agar para peserta pelatihan ini dapat mengikuti dengan baik serta memahami dan mencermati materi yang disampaikan oleh instruktur dari pusat.

"Mari semua peserta kita fokus mengikuti latihan ini dengan baik, serta memahami setiap materi yang diberikan oleh instruktur kita," katanya lagi.

Dia menambahkan ke depan ilmu ini pasti akan bermanfaat dalam tugas kalian sebagai rescuer di Basarnas untuk memberikan pelayanan SAR kepada masyarakat.

"Ilmu yang diterima hari ini akan bermanfaat di waktu yang akan datang dalam melakukan pelayanan SAR bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan," ujarnya lagi.


Baca juga: SAR Pontianak dan RSC Kuching latihan penyelamatan kecelakaan penerbangan

Baca juga: SAR masih mencari satu korban perahu terbalik di Rote Ndao

Pewarta: Agustina Estevani Janggo

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023