Pimpinan Perum Badan urusan logistik (Bulog) Cabang Pembantu Putussibau, Kalimantan Barat, Azwar Fuad mengatakan ketersediaan beras di gudang Bulog Putussibau sebanyak 432 ton yang diperkirakan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat Kapuas Hulu selama tiga bulan ke depan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir karena stok beras yang ada saat ini cukup untuk tiga bulan ke depan, bahkan pada Desember nanti masuk sekitar 350 ton," kata Azwar Fuad di Putussibau ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin.

Disampaikan Fuad, stok beras sebanyak 432 ton itu terdiri dari 420 ton beras medium dan beras premium sebanyak 12 ton.

Selain beras, stok yang tersedia di gudang Bulog Putussibau saat ini yaitu gula pasir sebanyak 8 ton, minyak goreng 3.600 liter dan daging beku sebanyak 250 kilogram.

Dijelaskan Fuad, di tengah naiknya harga beras di pasaran Bulog terus berupaya menekan harga untuk menstabilkan harga.

Dia menyebutkan untuk beras medium harga di gudang sebesar Rp10.250 per kilogram di luar biaya pikul muat, sedangkan beras premium seharga Rp13.750 per kilogram.

Selain itu, untuk gula pasir seharga Rp17 ribu satu kemasan seberat satu kilogram dan daging seharga Rp85 ribu per kilogram.

"Kami bekerja sama dengan pemerintah daerah melakukan operasi pasar murah untuk membantu menyediakan sejumlah kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau," katanya.

Fuad juga mengatakan selain operasi pasar murah, Bulog Putussibau bekerja sama dengan mitra yang juga menyediakan beras murah sesuai harga yang ditentukan.

Dia berharap masyarakat bisa terbantu dengan adanya ketersediaan beras untuk ketahanan pangan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.
Stok beras di Gudang Bulog Putussibau, untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023