Komando Distrik Militer (Kodim) 1206/Putussibau menyiapkan posko penanggulangan banjir guna membantu penanganan dampak bencana di bagian wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat.

"Kami membuat posko dan menyiagakan personel yang siap bergerak dalam rangka memberikan pertolongan kepada masyarakat yang terdampak banjir," kata Komandan Distrik Militer 1206 Putussibau Letkol Inf Nasli saat dihubungi di Putussibau, Sabtu sore.

Nasli mengatakan bahwa Kodim menurunkan petugas untuk memantau area-area yang terdampak banjir maupun area-area yang rawan kebanjiran.

"Kami juga terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah terkait langkah-langkah yang akan dilakukan dalam penanggulangan bencana," katanya.

Dia mengimbau warga untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana banjir pada musim penghujan.

Banjir telah melanda daerah Teluk Barak dan Tanjung Jati di Kecamatan Putussibau Selatan; daerah Dogom, Pasar Inpres, dan Pasar Putussibau di Kecamatan Putussibau Utara; serta bagian wilayah Kecamatan Boyan Tanjung, Bunut Hilir, Embaloh Hilir, dan Bika di Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas Hulu Gunawan mengatakan bahwa BPBD masih mendata daerah dan warga yang terdampak banjir.

"Data pastinya masih kami kumpulkan, menunggu laporan dari camat dan kepala desa," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023