Komandan Kodim 1206 Putussibau Letnan Kolonel Infanteri Nasli membagikan buku saku terkait pedoman kode etik dan sikap netralitas TNI menghadapi Pemilu serentak 2024 kepada seluruh prajurit TNI di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Buku saku itu berisikan pedoman kode etik yang harus dipahami dan dipedomani oleh setiap prajurit TNI selama masa pemilu," kata Letnan Kolonel Infanteri Nasli, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Dia mengatakan sikap netralitas TNI pada Pemilu 2024 merupakan pilar utama dalam mendukung proses demokrasi di tanah air.

Oleh sebab itu, kata dia, prajurit TNI tidak boleh memihak atau mendukung kepada salah satu pasangan calon dan tidak boleh terlibat politik praktis.

Menurut dia, dalam melaksanakan tugas pada Pemilu 2024 sinergisitas antara TNI dan Polri dan semua pihak harus selalu dijaga.

"Jangan sesekali bertindak arogan, laksanakan tugas dengan humanis, namun tegas," ucapnya.

Dia menjelaskan seluruh jajaran Kodim 1206 Putussibau sampai dengan tingkat Koramil dan Babinsa siap mengawal dan membantu pengamanan pada pelaksanaan Pemilu 2024.

"Kami sudah menyiapkan personil, sarana dan prasarana dalam rangka membantu mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024," ujarnya.

Nasli juga berpesan agar dalam melaksanakan tugas di tengah masyarakat dapat memberikan solusi dalam setiap persoalan.

"Bantu carikan solusi dalam persoalan di tengah masyarakat agar kehadiran TNI benar-benar bermanfaat bagi semua," kata Nasli.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023