Bupati Ketapang, Martin Rantan berharap Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Ketapang berkontribusi meningkatkan keluarga yang sejahtera dan tangguh di Ketapang. Ini disampaikan Bupati saat menghadiri acara puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 di Ketapang, kemarin.

“Sesuai dengan temanya "Bergerak bersama menuju keluarga sejahtera dan tangguh mewujudkan Indonesia tumbuh," kata Bupati melalui rilis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Ketapang, Rabu.

Bupati juga berharap peringatan HKG PKK ke-51 ini menjadi momentum bagi tim Penggerak PKK untuk terus melakukan evaluasi. Serta menjadi motivasi untuk ikut serta berkontribusi dalam rangka meningkatkan keluarga yang sejahtera dan tangguh.

“Hendaknya melekat di hati seluruh keluarga besar Penggerak PKK. Bahwa sesungguhnya dalam gerakan PKK terkandung nafas berkontribusi untuk masyarakat, kepada nusa dan Bangsa,” ucap Bupati.

Bupati ingin seluruh Tim Penggerak PKK dan kader dapat mengetahui, mau dan mampu menjadi garda terdepan. Sehingga bisa mewujudkan keluarga berkualitas dalam aspek moral, pendidikan, kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup.

“Dalam melaksanakan program kegiatan, Tim Penggerak PKK juga berperan penting dalam menciptakan generasi emas di tahun 2045. Karakter generasi emas memiliki produktivitas tinggi dengan performa unggul dalam kemajuan perekonomian,” harapnya.

Bupati menekankan bahwa generasi penerus harus memiliki wawasan kebangsaan yang kuat. Kemudian mampu memahami dan menjaga empat pilar yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, serta sehat jiwa dan raga.

“Berbagai kondisi di Ketapang mengisyaratkan masih perlunya kerja keras dan kerja cerdas, untuk menciptakan generasi emas tahun 2045 yang memiliki karakter unggul. Dimana saat ini masih tingginya stunting ditandai dengan adanya 27 Desa locus stunting di Ketapang,” jelas Bupati.

Bupati mengajak kepada pemangku kepentingan untuk berperan aktif dari tingkat Camat, Lurah dan Kepala Desa beserta jajaran tim penggerak PKK. Semuanya harus saling bahu membahu dan bersinergi bersama lintas sektor dalam rangka menurunkan angka stunting secara maksimal di setiap jenjang.

“Sebagai mitra kerja pemerintah, PKK diharapkan bisa terus berperan aktif bersama pemerintah dan menyelesaikan permasalahan yang semakin kompleks. Bekerjasama dengan pemangku kepentingan di setiap jenjang wilayah. Sehingga tercipta sinergi dan keselarasan antara program yang dicanangkan PKK dengan program Pemerintah,” tutup Bupati.

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023