Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono meminta 31 kepala sekolah (kepsek) yang baru dilantik untuk meningkatkan kualitas siswa melalui kurikulum Merdeka Belajar.

“Tingkatkan kualitas siswa paling penting apalagi saat ini telah didukung dengan kurikulum Merdeka Belajar,” ujarnya usai melantik kepsek di lingkungan Pemkot Pontianak, Kalimantan Barat di Aula Sultan Syarif Abdurrahman (SSA) Kantor Wali Kota, Jumat (8/12/2023).

Ia menambahkan tidak kalah penting bagaimana para guru membuat sekolah selalu dirindukan para siswa. Dengan hal tentu bisa menjadi modal untuk menambah siswa semangat belajar dan berprestasi.

"Para guru senantiasa juga tentu dituntut untuk peka dengan aturan terbaru dari pemerintah pusat," jelas dia.

Terkait pelantikan kepsek menurutnya ada dirotasi dan beberapa lainnya diangkat dari guru. Edi menyebut, perputaran antar kepala sekolah ini sebagai bentuk penyegaran organisasi.

"Dalam pelantikan ada 5 orang guru PAUD, 24 orang guru SD dan 2 orang guru SMP. Kepsek sama seperti guru lainnya namun mendapat tugas tambahan," papar dia.

Sementara untuk upaya Pemkot Pontianak untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia salah satunya adalah dengan memperbaiki infrastruktur sekolah yang representatif.

"Tidak sedikit sekolah yang telah menunjukkan perbaikan, baik dari sisi sarana prasarana maupun SDM. Peran Kepala Sekolah juga menjaga fasilitas, seperti air, tanaman sampai keamanan,"kata dia.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023