Bupati Ketapang, Martin Rantan mengatakan Pemerintah Kabupaten Ketapang komitmen untuk memenuhi hak-hak bagi penyandang disabilitas antara lain dengan pemberian bantuan sosial, perlindungan dan jaminan sosial, bantuan usaha serta pemberdayaan.

"Disabilitas juga diberikan kesempatan yang sama," kata Bupati saat menghadiri Peringatan Hari Disabilitas Internasional dan Pencanangan Universal Health Coverage di Gedung Pancasila Ketapang, kemarin melalui rilis Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) Pemkab Ketapang, Kamis.

Ia mengatakan kesempatan yang luas untuk mendapatkan pendidikan yang layak juga hak disabilitas. Kesempatan yang luas untuk bekerja dan berkarier, serta kesempatan yang luas untuk berprestasi.

Diketahui, jumlah penyandang disabilitas di Ketapang per November 2023 sebanyak 1.450 jiwa dengan berbagai jenis disabilitas dan tersebar di 20 kecamatan.

Bupati menyebut, prestasi disabilitas di Kabupaten Ketapang salah satunya di bidang olahraga. Pada event Peparprov VI  6 bulan lalu, menduduki tempat ketiga perolehan medali di antara 14 kabupaten/ kota.

"Untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya bagi yang sudah bertanding dan mengharumkan nama Kabupaten Ketapang," ucapnya.

Bupati mengatakan Pemkab Ketapang juga telah memberikan jaminan kesehatan, berupa BPJS Kesehatan bagi seluruh disabilitas yang terdata di Dinas Sosial PPPA-KB Ketapang.

"Jaminan sosial berupa jaminan kesehatan nasional di Ketapang terus mengalami peningkatan. Total cakupan peserta program  JKN/KIS, per Januari 2023 sebesar 83,10 persen dan meningkat menjadi 95,36 persen per 1 Desember 2023," kata Bupati

Bupati mengimbau semua pihak dapat bekerjasama dalam upaya meningkatkan cakupan JKN/KIS di Ketapang.

"Kami optimis pada tahun 2024 dapat mencapai cakupan JKN/KIS di atas 98 persen, sesuai instruksi Presiden nomor 1 Tahun 2022 dan target yang ditetapkan dalam RPJMN," tegas Bupati.

Bupati dalam kesempatan tersebut juga mengajak seluruh masyarakat dan jajaran pemerintah untuk memastikan terpenuhinya hak-hak penyandang disabilitas.

Selanjutnya dalam kegiatan tersebut juga diserahkan piagam penghargaan dan plakat Universal Health Coverage dari BPJS Kesehatan kepada Pemkab Ketapang oleh Deputi Direksi wilayah IV BPJS Kesehatan. 

Selain itu, dilakukan juga penyerahan kartu JKN-KIS, Kursi Roda, Sepada Motor usaha , Gerobak dan Modal Usaha oleh Wakil Bupati, Deputi Direksi BPJS, perwakilan sentra satria Baturraden dan Manager BO BRI kepada penyandang disabilitas.

Pewarta: Subandi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023