Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, H Farhan mengajak masyarakat Indonesia termasuk di Ketapang untuk mengobarkan semangat bela negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. Ini disampaikan Wabup saat menjadi inspektur upacara pada peringatan Hari Bela Negara ke 75 Tahun 2023 bertema “Kobarkan Bela Negara Untuk Indonesia Maju di halaman Kantor Bupati Ketapang, Selasa.

“Setiap tindakan, sekecil apapun yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara. Serta cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit bela negara,” kata Wabup membacakan amanat Presiden RI..

Menurut Wabup, bela negara bukan hanya dari aspek militer tapi juga harus lebih diperluas lagi termasuk dengan merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Setiap masyarakat harus memiliki jiwa bela negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan," ujar Wabup.

Wabup mengajak masyarakat memperhatikan tantangan ke depan yang tidak terduga. Tantangan dimaksud bukan hanya terkait ancaman fisik tapi juga ancaman yang tak kasat mata. Diantaranya seperti pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim yang membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

"Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan," kata Wabup.

Pewarta: Subandi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023