Polres Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, mengerahkan personel untuk mengamankan 180 gereja yang digunakan untuk merayakan Misa Natal dan Tahun Baru bagi umat Kristiani di daerah tersebut.

"Gereja-gereja itu tentunya kami jaga ketat untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Kristiani yang melaksanakan ibadah Natal," kata Kabag Ops Polres Kapuas Hulu AKP Edhi Tarigan, di Putussibau, Kabupaten Kapuas Hulu, Minggu.

Dia menyampaikan total gereja di Kapuas Hulu sebanyak 395 gereja yang terdiri dari gereja Katolik sebanyak 276 unit dan gereja Kristen sebanyak 119 unit.

Dari jumlah tersebut, kata dia, hanya 180 gereja yang digunakan untuk misa Natal yang tersebar di 23 kecamatan di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

Dia mengatakan dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru, jajaran Polres Kapuas Hulu dibantu TNI serta tim gabungan dari pemerintah daerah melaksanakan pengamanan langsung di gereja yang digunakan untuk misa Natal.

Dia menyebut Polres Kapuas Hulu mengerahkan sebanyak 569 personel dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru yang tersebar hingga di kecamatan dan desa.

Selain itu, kata dia, juga telah didirikan pos pengamanan di Gereja Katolik Santa Perawan Maria Tak Bernoda Putussibau, Pos terpadu di Bandara Pangsuma Putussibau, Pos Pengamanan di Terminal Kecamatan Badau perbatasan Indonesia dan Malaysia dan Pos Pelayanan Simpang Silat perbatasan Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sintang.

"Sampai saat ini situasi kondusif, aktivitas masyarakat normal seperti biasanya," kata Edhi.

Hanya saja, Edhi menuturkan yang perlu diantisipasi yaitu kepadatan arus lalu lintas di sekitaran gereja pada malam Natal, terutama antrean keluar masuk kendaraan ataupun umat Kristiani yang hendak melaksanakan misa malam Natal.

"Semua kami sudah antisipasi dengan menempatkan personel pengamanan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," ucapnya.

Dia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memelihara kerukunan, toleransi serta rasa kekeluargaan.

"Mari terus kita rawat rasa kekeluargaan, toleransi dan kerukunan yang selama ini sudah terbangun dengan baik, kita berikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristiani yang akan merayakan Natal," pesan Edhi.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023