Bupati Ketapang, Martin Rantan meminta agar semboyan bhineka nara eka bhakti dipegang teguh setiap alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan di Ketapang. Ini disampaikan Bupati saat pengukuhan Dewan Pengurus Kabupaten - Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPK-IKAPTK) Ketapang periode 2023-2028 di Ketapang, Rabu.

"Walaupun berbeda beda suku, budaya, agama, warna kulit, dari sabang sampai merauke. Tetapi tetap satu pengabdian untuk negara kesatuan Republik Indonesia," kata Bupati.

Dalam bahasa Indonesia bhineka nara eka bhakti berarti walaupun berbeda - beda tetapi tetap satu pengabdian. Semboyan yang sangat mulia ini merupakan representasi dari tujuan didirikannya
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) oleh Presiden Soekarno pada tanggal 17 Maret 1956 di Malang, Jawa Timur.

Bupati yakin DPK-IKAPTK Ketapang bisa bersinergi menjaga kekompakan dan loyalitas untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan. Serta pemberdayaan di Indonesia khususnya di Ketapang. Sebagai pamong praja harus mampu menjadi pelopor dalam inovasi dan tata kelola pemerintahan untuk mewujudkan visi misi dalam pembangunan," ucapnya.

"Jiwa pamong harus ditanamkan dalam diri kita, begitu juga jiwa pelayan masyarakat, jiwa melindungi dan jiwa mengayomi. Saya harap para alumni yang juga merupakan seorang aparatur sipil negara harus responsif terhadap isu-isu yang sedang terjadi di masyarakat," ucap Bupati.

Bupati mengatakan, pada 2024 berkenaan dengan pesta demokrasi yakni pemilihan Presiden, legislatif dan pemilihan kepala daerah. Oleh karena itu, para alumni pendidikan tinggi kepamongprajaan yang masih aktif dalam pemerintahan harus menjaga netralitas.

Bupati juga mengingatkan aparatur sipil negara berhati-hati dalam menggunakan media sosial. Terutama dalam suasana kampanye atau sosialisasi di media sosial berupa postingan, komentar, membagikan tautan dan memberikan ikon like.

"Saya berharap kepada seluruh DPK-IKAPTK Ketapang yang baru dilantik. Setiap pengurus di bagian atau bidang masing-masing dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. Sehingga kegiatan dan program yang akan dikerjakan kedepan akan berdampak terhadap kemajuan Ketapang," harap Bupati.

Terkait pengukuhan DPK-IKAPTK Ketapang ini dikukuhkan oleh Wakil Bupati (Wabup) Ketapang, H Farhan. Wabup juga sebagai Wakil Ketua Dewana Penasehat DPK-IKAPTK Ketapang dalam kesempatan tersebut juga mendapat anugerah PIN Anggota Kehormatan.

Pewarta: Subandi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024