Komisioner KPU Suryadi memastikan akan memberikan layanan khusus bagi penyandang disabilitas dalam proses pemungutan suara pada Pemilu 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat mencatat sebanyak 22.661 ribu pemilih disabilitas yang akan mengikuti pemilu tahun 2024 mendatang.

Menurut data yang dirilis oleh KPU Kalimantan Barat, terdapat sebanyak 22.661 pemilih disabilitas yang terdaftar untuk mengikuti pemungutan suara pada Pemilu 2024. Angka ini menunjukkan pentingnya pelayanan yang memadai bagi kelompok ini guna memastikan hak suara mereka tetap terjamin.

Suryadi menyatakan bahwa KPU telah menyiapkan langkah-langkah konkret untuk memastikan aksesibilitas bagi penyandang disabilitas selama proses pemungutan suara.

Langkah-langkah ini termasuk penyediaan fasilitas fisik yang ramah disabilitas di tempat-tempat pemungutan suara, pelatihan petugas pemungutan suara untuk memberikan pelayanan yang sensitif terhadap kebutuhan khusus, serta penyediaan informasi terkait proses pemungutan suara yang mudah diakses bagi penyandang disabilitas.

"Langkah-langkah tersebut diharapkan dapat membantu meningkatkan partisipasi aktif penyandang disabilitas dalam proses demokrasi, sekaligus menggarisbawahi pentingnya inklusi dalam setiap tahap pemilu. Dengan adanya komitmen ini, diharapkan partisipasi penyandang disabilitas dalam Pemilu 2024 akan meningkat, serta memperkuat legitimasi dan representasi demokrasi di Indonesia," tuturnya.

Ia mengatakan, pihak kpu siap memfasilitasi rekan-rakan pemilih disabilitas seperti dalam hal penyiapan tempat pemungutan suara (tps), termasuk posisi akses masuk, pelayanan, meja bilik serta kotak pun harus disesuaikan dengan penyandang disabilitas tersebut.

"Pembekalan juga tetap dilakukan, seperti tata letak tps harus diperhatikan dalam hal penyiapan tempat, jangan sampai yg pakai kursi roda kesulitan seperti posisi bilik yang ketinggian, bahkan diawal pendataan akhir pemilih, harus ada kode jenis disabilitasnya sehingga dapat disesuaikan oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (kpps)," kata Suryadi.

Persiapan-persiapan tersebut kami lakukan untuk kelancaran dan kenyamanan bagi para penyandang disabilitas agar dapat menggunakan hak suara nya di tps saat pemilu 2024 mendatang.

"Harapannya semua masyarakat tetap harus berpartisipasi dalam pemilu yang akan diselenggarakan dan untuk kawan-kawan penyandang disabilitas, sekiranya tidak merasa dikucilkan karena kami dari pihak kpu Akan berusaha semaksimal mungkin mengupayakan persiapan untuk kelancaran pemilu," tuturnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024