Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat memprioritaskan pendistribusian logistik pemilu 2024 ke wilayah hilir Sungai Kapuas Hulu karena jarak tempuh dan keterbatasan angkutan.

"Untuk dua kecamatan Embaloh Hilir dan Bunut Hilir itu belum bisa ditempuh transportasi darat sehingga untuk pendistribusian logistik pemilu kami menggunakan kapal motor bandong," kata Ketua KPU Kapuas Hulu Muhammad Yusuf, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu.

Yusuf mengatakan ada beberapa daerah yang cukup sulit dijangkau menggunakan jalur transportasi darat seperti daerah pesisir Sungai Kapuas khususnya Kecamatan Embaloh Hilir dan Bunut Hilir serta pemukiman penduduk di daerah danau.

Kemudian, ada pula salah satu permukiman di ujung hulu Sungai Kapuas yang ditempuh menggunakan transportasi sungai lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki selama dua hari yaitu ke Dusun Belatung.

Meski demikian, Yusuf memastikan logistik pemilu tiba di TPS tepat waktu sehari sebelum pungut hitung suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Ia menjelaskan pendistribusian logistik pemilu dimulai pada 8 sampai dengan 11 Februari 2024.

Hari pertama pendistribusian diprioritaskan untuk tiga kecamatan yaitu Kecamatan Putussibau Selatan, Silat Hulu dan Silat Hilir.

Hari kedua, Jumat (9/02) pendistribusian logistik pemilu dilakukan untuk enam kecamatan yaitu Kecamatan Kalis, Semitau, Suhaid, Seberuang, Jongkong dan Kecamatan Selimbau.

Pendistribusian hari ketiga, pada Sabtu (10/02) dilakukan untuk Kecamatan Puring Kencang, Empanang, Badau, Batang Lupar, Embaloh Hulu, Embaloh Hilir dan Bunut Hilir.

"Untuk Embaloh Hilir dan Bunut Hilir pendistribusian menggunakan kapal motor karena jalur air, termasuk sejumlah desa nantinya ke danau dan pesisir sungai Kapuas," ucapnya.

Selanjutnya, pada hari ke empat Minggu (11/02) pendistribusian ke Kecamatan Putussibau Utara, Bika, Mentebah, Bunut Hulu, Boyan Tanjung, Pengkadan dan Kecamatan Hulu Gurung.

Yusuf berharap tidak ada kendala dalam pendistribusian logistik sampai ke titik TPS yang berjumlah 984 TPS di 278 desa, 4 (empat) kelurahan tersebar di 23 kecamatan wilayah Kabupaten Kapuas Hulu.

"Petugas KPU ada mendampingi pendistribusian logistik dibantu juga pengawalan dan pengawasan melekat oleh pihak petugas keamanan," katanya.
Pendistribusian logistik pemilu untuk Kecamatan Embaloh Hilir dan Bunut Hilir menggunakan kapal motor di pesisir sungai Kapuas, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu (10/02/2024). ANTARA/Rini Sipayung (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024