Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat telah menyurati dinas kesehatan setempat agar mendapatkan kemudahan pelayanan kesehatan bagi penyelenggara pemilu baik di tingkat kabupaten, kecamatan dan desa yang memerlukan layanan kesehatan.

"Kami minta dinas kesehatan bisa memfasilitasi dan memberikan kemudahan m apabila ada petugas pemilu yang membutuhkan pelayanan kesehatan pada saat pungut hitung suara," kata Ketua KPU Kapuas Hulu Muhammad Yusuf, kepada ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Kamis.

Dikatakan Yusuf, selama tahapan pungut hitungan suara membutuhkan fisik yang ekstra karena selain dikejar waktu, penyelenggara pemilu (PPS, KPPS dan PPK) juga perlu kehati-hatian dalam perhitungan maupun rekap hasil pemilu.

Oleh karena itu, petugas pemilu memerlukan kesehatan yang terjamin untuk kelancaran pelaksanaan pemilu.

"Yang lebih ekstra bekerja kawan-kawan di TPS sehingga kami antisipasi menyurati dinas kesehatan agar bisa membantu memberikan pelayanan kesehatan di jajarannya apabila ada yang memerlukan," kata Yusuf.

Yusuf berpesan kepada seluruh jajaran petugas pemilu di Kapuas Hulu untuk tetap menjaga stamina dan kesehatan selama menjalankan tugas.

Ia mengingatkan apabila ada keluhan sakit untuk segera mendatangi petugas kesehatan di wilayahnya masing-masing.

"Kami berharap petugas pemilu dalam keadaan sehat dan menjaga stamina agar semua tahapan pemilu bisa berjalan lancar," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024