Bupati Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat Fransiskus Diaan mengapresiasi kegiatan Pekan olahraga dan seni (Porseni) yang digelar oleh masing-masing kecamatan dalam rangka menggali dan mencari bakat atlet di tingkat pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

"Porseni kegiatan positif menggali bakat anak sejak usia dini, semoga muncul atlet yang bisa bersaing di tingkat kabupaten, provinsi dan nasional," kata Fransiskus Diaan,saat membuat Porseni Kecamatan Putussibau Utara, di Putussibau ibu kota Kabupaten Kapuas Hulu, Senin.

Fransiskus mengatakan selain mencari bibit atlet, kegiatan Porseni juga dapat menempa mental dan jiwa bertanding pelajar, sehingga terbentuk mental petarung dalam meraih prestasi.

Menurutnya, bakat para pelajar perlu terus digali dan dikembangkan dalam meningkatkan prestasi di bidang olahraga dan seni.

"Tentu melalui Porseni itu juga sebagai ajang silahturahmi serta berbagai ilmu pengetahuan antara guru dan murid serta sesama pelajar itu sendiri dan itu sangat positif," katanya.

Fransiskus juga mengapresiasi terhadap peserta (sekolah) yang jaraknya jauh dari pusat ibu kota kabupaten turut serta berpartisipasi dalam kegiatan Porseni.

Ia menilai untuk mengikuti Porseni meskipun masih tingkat kecamatan tidaklah mudah mengumpulkan anak-anak yang berbakat serta memiliki potensi dalam berkompetisi.
 
Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan membuka Porseni Kecamatan Putussibau Utara ditandai dengan pelepasan balon ke udara yang dipusatkan, di GOR Uncak Kapuas Putussibau, di Kapuas Hulu Kalimantan Barat, Senin (26/02/2024). ANTARA/HO-Prokopim Setda Kapuas Hulu (Teofilusianto Timotius)


"Luar biasa ada juga sekolah yang jauh mengirimkan pesertanya, saya melihat masing-masing sekolah antusias mengikuti Porseni apalagi nanti di tingkat kabupaten," ucap Fransiskus.

Fransiskus berpesan agar dalam berkompetisi di ajang Porseni panitia dan juri maupun wasit dapat profesional sehingga siapapun yang menang memiliki kualitas dalam bertanding.

"Kepada para peserta junjung sportivitas siap menang dan siap kalah, tampilan yang terbaik dalam meraih prestasi," pesan Fransiskus.

Sementara itu, Ketua Panitia Porseni Putussibau Utara Nurmilawati menjelaskan pelaksanaan Porseni Kecamatan Putussibau Selatan selama empat hari sejak 26 sampai dengan 29 Februari 2024 yang diikuti oleh seluruh sekolah baik SD dan SMP di wilayah Kecamatan Putussibau Utara.

Adapun sejumlah perlombaan dan pertandingan dalam Porseni tersebut yaitu renang, bulu tangkis, tenis meja, seni tari, menyanyi solo, gambar bercerita, atletik, ilustrasi dan pidato bahasa Inggris.


 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024