Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat meningkatkan promosi pariwisata lewat sejumlah kegiatan wisata olahraga di antaranya olahraga sepeda, maraton, motor, hingga panahan.
 
"Kita sudah beberapa kali melangsungkan kegiatan pariwisata olahraga di Kabupaten Kubu Raya, dengan memadukan wisata dan olahraga," ujar Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Kubu Raya, Rini Kurnia Solihat di Sungai Raya, Sabtu.
 
Ia mengatakan jika Kabupaten Kubu Raya memanfaatkan berbagai wisata alamnya yang dikombinasikan dengan kegiatan olahraga, beberapa di antaranya seperti Event Equator Enduro Challenge, Kubu Raya Menanjak Run, Hard Enduro Trabas Kulu Kilek, dan panahan tradisional.
 
Ia menjelaskan perlombaan sepeda gunung dengan tajuk Event Equator Enduro Challenge sengaja dilakukan di Desa Sungai Deras, Kecamatan Teluk Pakedai, dikarenakan wisata alamnya yang memiliki kontur yang cocok untuk melaksanakan kegiatan sepeda gunung dengan medan yang didominasi oleh turunan.
 
"Di Sungai Deras, ada lomba sepeda gunung yang memanfaatkan saranan alam, karena daerahnya perbukitan. Jadi para peserta melalui jalur perbukitan dari atas turun ke bawah," ujarnya.
 
Kubu Raya Menanjak Run menjadi ajang olahraga bagi pecinta lari maraton, Rini mengatakan kegiatan ini diikuti ribuan peserta yang tidak hanya dari Kalbar, namun adapula dari luar daerah. Kubu Raya Menanjak Run menyajikan tiga kategori 5k, 10k, dan 21k. Dengan adanya kegiatan ini menurutnya dapat menjadi ajang promosi wisata yang bisa mendatangkan wisatawan dari luar Kalbar.
 
Setelah olahraga lari, pihaknya juga menyelenggarakan kegiatan Hard Enduro Trabas Kulu Kilek yang memanjakan para pecinta motor medan berat atau trail yang berlangsung di Desa Punggur Besar, Kecamatan Sungai Kakap.
 
Ada pula lomba panahan tradisional yang menjadi atraksi wisata olahraga yang digelar oleh Pemkab Kubu Raya dengan memanfaatkan destinasi wisata, seperti Hutan Albasia.
 
Ia pun mengatakan jika ajang olahraga ini berhasil memancing animo para peserta dan masyarakat serta diharapkan dapat mendatangkan wisatawan dari berbagai daerah bahkan dari luar Kalbar yang tentunya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar daerah wisata itu sendiri.
 
"Kegiatan-kegiatan ini berhasil memunculkan animo peserta dan masyarakat yang cukup baik. Dan pesertanya sudah dari berbagai daerah dari seluruh Kalbar hingga luar Kalbar," katanya.*

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024