Sekolah Dasar Negeri (SDN) 34 Pontianak Kota terus berupaya memperkuat karakter siswa dan siswi, terutama yang duduk di kelas 1 dengan program belajar di luar kelas seperti dilakukan di Taman Akcaya, Kota Baru, Pontianak.

"Kegiatan ini memiliki tujuan memberikan pengalaman baru kepada anak-anak kelas 1 supaya karakter mereka lebih baik seperti keberanian, kemandirian, kebersamaan dan lainnya. Sehingga berdampak positif ke depannya," ujar Wali Kelas 1 D, SDN 34 Pontianak Kota Nurmayasari di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan untuk membentuk karakter siswa dengan cara makan bersama.

"Mengapa kegiatan ini acara makan - makan karena ingin membiasakan anak bisa mandiri. Sebab biasanya anak-anak kelas 1 itu ada yang makannya masih disuapkan," jelas dia.

Ia menambahkan tidak kalah penting melalui kegiatan itu juga mendorong anak-anak untuk bisa membaur dengan lingkungan sekitar, tidak hanya dengan lingkungan sekolah saja. Sehingga anak-anak bisa mendapatkan pemahaman baru.

"Kondisi saat ini kadang siswa-siswi ada yang jarang keluar rumah dan lebih sering bermain gadget atau telepon seluler. Nah, kegiatan ini sangat cocok untuk mengenalkan lingkungan sekitar kepada mereka," papar dia.

Pihaknya ke depan akan terus melakukan hal serupa dan lainnya sehingga anak - anak selain mendapat ilmu di dalam kelas juga langsung mendapatkan wawasan baru di lingkungan sekitar.

“Harapannya kegiatan ini tetap terlaksana mengingat banyak sekali manfaat yang dihasilkan," ucap dia.

Dalam kegiatan di luar kelas yang diikuti sebanyak 120 siswa, anak-anak tampak antusias. Begitu juga para orang tua yang mendampingi sangat menyambut baik sehingga dari awal kegiatan hingga akhir berjalan lancar.

Baca juga: SMA Negeri 1 Pontianak edukasi perbankan kepada siswa melalui bank mini

Baca juga: Edi Kamtono sebut P5 penting bagi karakter siswa

Baca juga: Edi Kamtono dorong siswa gali potensi dan kembangkan minat bakat

 

Pewarta: Jonathan & Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024