Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Pontianak di Kalimantan Barat (Kalbar) menggelar program bank mini untuk memberikan pendidikan finansial dan edukasi perbankan bagi para siswa.

"Kehadiran bank mini ini merupakan langkah inovatif dalam pendidikan finansial bagi pelajar. Bank mini di sekolah diharapkan dapat menjadi solusi untuk memberikan edukasi kepada pelajar tentang transaksi keuangan, yang pada gilirannya dapat berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa depan," kata Penjabat Sekda Kalbar Muhammad Bari saat meresmikan program tersebut di SMA Negeri 1 Pontianak, Jumat.

Bari meyakini bahwa keberadaan bank mini akan membantu pelajar untuk lebih memahami dunia keuangan, merangsang mereka untuk berpikir kreatif, dan membantu dalam memulai usaha kecil dan menengah sejak dini.

"Dengan adanya bank mini di sekolah, para pelajar akan lebih siap menghadapi tantangan perekonomian di Kalimantan Barat. Terima kasih kepada Bank Kalbar atas inovasinya yang berharga ini," ujarnya pula.

Selain meresmikan bank mini, Pj Sekda Kalbar juga memberikan apresiasi kepada SMA Negeri 1 Pontianak yang meraih predikat Sekolah Ramah Anak Tahun 2023 dan Sekolah Sadar Hukum dan HAM Tahun 2023. Ia berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah di seluruh Kalbar.

"Saya ucapkan selamat kepada SMA Negeri 1 Pontianak atas pencapaian sebagai Sekolah Ramah Anak dan Sekolah Sadar Hukum dan HAM. Saya berharap seluruh SMA dan SMK di Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Kabupaten Mempawah dapat menjadi Sekolah Sadar Hukum dan HAM pada tahun ini dan masa depan," katanya pula.

Terakhir, Mohammad Bari memberikan pesan kepada siswa kelas 12 untuk mempersiapkan diri dan memiliki tujuan yang jelas dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Siswa kelas 12 harus mencari informasi tentang universitas tempat mereka akan melanjutkan pendidikan. Tidak hanya untuk siswa kelas 12, tetapi juga untuk siswa kelas 11 dan 10 yang harus mulai mencari informasi sejak dini," katanya lagi.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024