Dinas Perhubungan Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat mengingatkan jika pihaknya tidak akan memberikan izin berlayar kepada kapal yang kelebihan beban terlebih  penumpang selama libur Lebaran.
 
"Kalau sampai overload, di sana kan ada surat proseduralnya, sudah kita perintahkan untuk tidak di keluarkan surat berlayarnya," ujar Kadishub Kabupaten Kubu Raya, Odang Prasetyo di Sungai Raya.
 
Odang menyampaikan dengan ramainya jumlah penumpang arus balik mudik Lebaran hingga 2.000 orang per hari, ia meminta awak kapal dan warga untuk selalu mengingatkan dan mengutamakan kualitas keamanan dan keselamatan.
 
"Melihat adanya peningkatan jumlah penumpang arus balik mudik Lebaran, awak kapal dan warga harus selalu mengingatkan kualitas keamanan dan keselamatan. Jadi harus dipastikan untuk tingkat keamanan," ujarnya.
 
Pihaknya juga telah berkoordinasi bersama operator kapal dengan menambah jumlah kapal pada mudik Lebaran kali ini hingga 20 persen.
 
"Untuk memenuhi kebutuhan mudik masyarakat pada Lebaran, kita selama ini sudah koordinasi dengan operator kapal juga, kita juga sudah adakan penambahan kapal sekitar 20 persen," ucapnya.
 
Dengan adanya penambahan kapal, ia menyebut penumpang tidak perlu berdesakan dan dapat berlayar menggunakan kapal lain sehingga mengurangi resiko yang tidak diinginkan.
 

Pewarta: Rizki Fadriani

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024