Kantor Bea Cukai Nanga Badau Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat mencatat pendapatan hasil ekspor di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau perbatasan Indonesia-Malaysia pada triwulan I 2024 (Januari-Maret) mencapai Rp1,3 miliar lebih.

"Produk ekspor Kapuas Hulu yang cukup menonjol saat ini dari sektor perikanan, madu dan kerajinan tangan. Kami terus mendorong agar PLBN Badau ke depannya juga menjadi pintu ekspor ikan arwana," kata Kepala Bea Cukai Nanga Badau Henry Imanuel Sinuraya, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Sinuraya menyebutkan dari sektor perikanan yang cukup diminati di luar negeri berupa ikan konsumsi air tawar seperti jenis ikan Jelawat, Kelabau, Ringau, Seladang, Semah, Tapah dan ikan Tengalan.

Selain itu, madu alam dan kerajinan tangan seperti bangle dan aksesoris kepala.

Kegiatan ekspor terutama produk perikanan air tawar melalui PLBN Badau semakin tumbuh, pontensi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah perbatasan.

Menurut dia, jika dibandingkan dengan triwulan I Tahun 2023, pendapat negara dari hasil ekspor pada triwulan I Tahun 2024 mengalami peningkatan.

Sinuraya pun membandingkan, pada triwulan I Tahun 2023 pendapatan negara dari hasil ekspor kurang lebih Rp696 juta lebih, sedangkan triwulan I Tahun 2024 mencapai Rp1,3 miliar lebih.

"Kami terus mendorong untuk peningkatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kapuas Hulu khususnya di daerah perbatasan," ucapnya.

Ia menjelaskan memiliki sebuah program kerja yaitu Pojok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Klinik Ekspor.

Progam itu dilakukan untuk mendorong para pelaku usaha ekspor khususnya UMKM di wilayah kabupaten kapuas hulu. Tim Pojok UMKM dan Klinik Ekspor Bea Cukai Nanga Badau melakukan asistensi UMKM di wilayah kabupaten kapuas hulu.

"Strategi yang dilakukan Bea Cukai Nanga Badau adalah memberikan edukasi mengenai prosedur kepabeanan ekspor, pemahaman mengenai ketentuan terkait ekspor, dan koordinasi dengan instansi terkait lainnya," jelasnya.

Sinuraya berharap peluang ekspor tersebut mesti mendapat dukungan semua pihak agar bersama-sama mendorong potensi dan produk unggulan Kapuas Hulu dapat menjadi salah satu sumber pendapat daerah dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024