Sejumlah jurnalis yang tergabung dalam Society of Indonesian Environmental Journalists (SIEJ) melakukan liputan kolaboratif mengusut kasus deforestasi hutan yang dilakukan oleh PT Mayawana Persada (MP) di Dusun Lelayang, Desa Kualan Hilir, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat,

"Jutaan hektare hutan alam di Kalimantan Barat musnah dijagal atas nama investasi. Hutan dengan keanekaragaman hayati, berganti tanaman monokultur (sejenis) yakni sawit dan akasia oleh PT MP. Kerusakan ini memicu berbagai persoalan yang tak akan pernah sebanding dengan nilai investasi kaum pebisnis yang difasilitasi negara itu," kata salah satu tim kolaborator, Arief Nugroho, di Pontianak, Kamis.

Dari liputan yang dilakukan, pihaknya menemukan akibat pembabatan hutan tersebut, maka Orang Utan yang menjadi satwa endemik di Kalimantan Barat terancam. Demikian dengan satwa liar lainnya juga kehilangan ekosistem dan menambah tingkat kepunahan.

"Deforestasi ini juga menyebabkan konflik dengan kelompok masyarakat adat yang selama ini hidup bergantung dari hutan, baik ekonomi, maupun kebudayaan mereka," tuturnya, tanpa menyertakan konfirmasi dari PT Mayawana dan pejabat pemerintah terkait.

Dari penelusuran di lapangan, terbukti negara telah melegitimasi deforestasi, termasuk areal gambut dalam yang seharusnya dilindungi. Tidak hanya itu, nyawa manusia juga dipertaruhkan atas aktivitas perusahaan tersebut.

Luas hutan yang telah ditebang oleh perusahaan ini jauh melampaui batas yang diizinkan dan telah menyebabkan kerusakan ekologis yang parah. Perusahaan-perusahaan besar ada di balik deforestasi ini.

Diketahui, perusahaan bernama PT MP, salah satu perusahaan pemegang konsesi HTI yang paling masif menggerus hutan. Liputan kolaborasi Depati Project yang melibatkan sejumlah jurnalis dari beberapa media massa, mengungkap fakta, siapa di balik perusahaan ini.

"Jujur kami sedih melihat praktek pembukaan hutan yang dilakukan secara ugal-ugalan oleh MP. Praktek kotor itu tidak hanya mengubah bentang alam hutan menjadi tanaman monokultur, tapi juga mengakibatkan hilangnya ruang hidup dan tanah ulayat adat," katanya.

Tim liputan juga mendapatkan bahwa masyarakat adat yang tinggal di sekitar wilayah tersebut menjadi korban langsung dari dampak deforestasi ini. Mereka kehilangan tempat tinggal, sumber daya alam, dan juga identitas budaya mereka yang terikat erat dengan hutan.

Themmy Doaly Jurnalis Ekuatorial.com menambahkan, aktivitas deforestasi PT MP telah mengancam kelangsungan hidup mereka dan memicu konflik sosial yang serius.

“Aktivitas PT MP di Dusun Lelayang, Desa Kualan Hilir, berdampak menggusur wilayah kelola para petani. Sejak tahun 2021, warga dusun itu memperkirakan tanah mereka yang telah digusur antara 3.000-4.000 hektare. Praktek ini memiliki dampak lanjutan seperti alih profesi, pemiskinan, hingga trauma para korban," katanya.

Padahal, lanjutnya, sebagai bagian dari komunitas adat Dayak Kualan, warga di sana sangat menggantungkan hidup dengan sumber daya alam di sekitarnya.

Tidak hanya itu, kawasan lindung gambut di Kalimantan Barat juga terancam oleh praktek deforestasi ini. Gambut sebagai ekosistem yang penting dalam menjaga keseimbangan ekologi dan mengurangi emisi gas rumah kaca, kini terancam rusak parah akibat dari eksploitasi yang tidak bertanggung jawab.

“Ini sama sekali di luar bayangan saya sebagai jurnalis. Negara dalam hal ini pemerintah, memfasilitasi sebuah entitas bisnis, menjagal hutan alam habitat Orang Utan, sekaligus ruang hidup masyarakat. Berapapun nilai investasi itu, tidak akan sebanding dengan hancurnya ekosistem ini, apalagi sekaligus membunuh kebudayaan masyarakat adat Dayak. Belum lagi ancaman bencana ekologi akibat praktek rakus dengan membabat hutan ini," kata Miftah Farid, Koresponden CNN Indonesia TV.

Pemerintah setempat dan lembaga terkait diharapkan untuk segera bertindak dalam menangani masalah ini. Langkah-langkah penegakan hukum yang tegas dan efektif perlu diterapkan terhadap PT MP untuk menghentikan deforestasi ilegal yang mereka lakukan.

Organisasi non-pemerintah dan aktivis lingkungan juga memainkan peran penting dalam memperjuangkan hak-hak masyarakat adat, melindungi kawasan lindung gambut, dan menyelamatkan spesies yang terancam punah. Mereka harus terus mendesak pemerintah dan perusahaan untuk bertanggung jawab atas praktek-praktek yang merugikan lingkungan dan masyarakat.

"Situasi deforestasi yang terjadi di Kalimantan Barat oleh PT MP menjadi cerminan dari tantangan besar dalam upaya menjaga keberlanjutan lingkungan dan mendukung hak-hak masyarakat adat. Diperlukan komitmen dan tindakan bersama untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan memastikan keberlangsungan hidup semua pihak yang terdampak," tuturnya.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024