Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang telah menugaskan Bahrudin Udai, Mediator Hubungan Industrial di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker Trans) untuk mengikuti Program Capacity Building di Amerika Serikat beberapa waktu lalu. 

"Mengikuti kegiatan Capacity Building Program on Enchancing the Mediation/Concilitiations Services di Amerika Serikat pada tanggal 19 s.d (sampai dengan) 26 Mei 2024," di antara bunyi Surat Tugas Pemkab Ketapang yang ditanda tangani Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang pada tanggal 11 Mei lalu. 

Udai menjelaskan kegiatan tersebut untuk penguatan kapasitas sumber daya manusia dan layanan mediasi, konsoliasi atau capacity building ke Amerika Serikat (USA). Pelaksananya oleh Kementrian Tenaga Kerja, Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonsia. 

"Dari sekian banyak peserta, Alhamdulillah, saya lulus seleksi dan terpilih di antara tiga orang mediator PHI asal daerah Indonesia untuk mengikuti program ke Amerika," kata Udai melalui telepon kepada ANTARA di Ketapang, Senin. 

Udai menjelaskan kegiatan tersebut berlangsung delapan hari mulai tanggal 19 hingga 26 Mei 2024. Para peserta mengunjungi tiga tempat di Amerika Serikat, yakni US Departement Of Labour (US DOL), US Mediation Center dan Central Provident Fund (CPF).

"Terimakasih kepada semua yang telah mendukung saya hingga selesai mengikuti kegiatan ini, terutama Kementerian Tenaga Kerja Dirjend PHI dan Jamsostek, Pemkab Ketapang. Semoga pengetahuan yang telah kami dapat di Amerika Serikat ini bermanfaat untuk Indonesia khususnya untuk membangun Ketapang," ucap Udai.

Pewarta: Subandi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024