Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Biak Numfor, Papua, menyiagakan fasilitas internet satu mobil Very Small Aperture Terminal (Mobile VSAT) guna meningkatkan pelayanan pemerintah kepada masyarakat di berbagai kampung dan distrik.

Kepala Diskominfo Biak Numfor George Kbarek MT di Biak, Minggu, mengatakan mobil VSAT merupakan suatu perangkat penerima/pengirim sinyal satelit atau yang juga dikenal dengan nama stasiun bumi terintegrasi trailer yang dapat dengan mudah dipindah tempat sesuai dengan kebutuhan.

George mengatakan mobil VSAT Internet merupakan salah satu bentuk inovasi dalam teknologi internet di kampung dan distrik terpencil.

Kehadiran mobil VSAT ini, lanjut dia, untuk membantu pelayanan pemerintah ke warga lebih mudah dan praktis karena menggunakan sistem antena VSAT bergerak.

Diakuinya, mobil VSAT sangat cocok digunakan untuk layanan instansi pemerintah daerah (pemda) yang membutuhkan koneksi internet secara berpindah-pindah tempat.

"Dengan fasilitas mobile VSAT Diskominfo Biak Numfor akan lebih menjangkau layanan internet hingga pelosok kampung dan distrik," katanya.

Ia mengatakan mobil VSAT banyak digunakan untuk berbagai keperluan, antara lain ATM Berjalan, perpustakaan keliling, perekaman data KTP elektronik, penelitian, dan kegiatan pemerintahan lainnya.

"Kehadiran mobil VSAT sangat menunjang kegiatan pemerintahan dalam menjawab kebutuhan sarana komunikasi internet," katanya.

Pada tahun anggaran 2024 Pemkab Biak Numfor mendapat bantuan empat peralatan VSAT dari Diskominfo Papua untuk meningkatkan akses layanan internet melalui satelit.

Pewarta: Muhsidin

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024