Google Indonesia mengumumkan bahwa opsi bahasa Indonesia telah tersedia dalam aplikasi kecerdasan artifisial Gemini, memudahkan pengguna dari Indonesia untuk memanfaatkannya.

"Dengan senang hati kami umumkan bahwa aplikasi seluler Gemini sekarang sudah tersedia dalam bahasa Indonesia," kata Direktur Urusan Pemerintahan dan Kebijakan Publik Google Indonesia Putri Alam di Jakarta, Senin (3/6).

Gemini AI merupakan model kecerdasan artifisial multi-modal yang kembangkan oleh Google. Model kecerdasan buatan ini pertama kali diperkenalkan pada 2023. 

Google merilis pembaruan aplikasi tersebut, yang dinamai Gemini 1.5 Pro, pada pertengahan Februari 2024.

Model kecerdasan buatan Gemini sekarang sudah dapat mengakomodasi 46 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Pengguna yang ingin memakai bahasa Indonesia bisa membuka akun Google di aplikasi Gemini, lalu memilih "Pengaturan". Setelah menemukan pilihan "Bahasa", pengguna bisa memilih "Bahasa Indonesia".

Apabila Gemini sudah terpasang pada gawai, maka pengguna bisa juga memanfaatkannya untuk menggantikan Asisten Google. Tentunya fitur ini hanya tersedia pada gawai dengan sistem operasi Android.

Banyak fitur suara Asisten Google yang tersedia di Gemini ketika pengguna memanfaatkan aplikasi sebagai asisten dengan kalimat pengarah "Hai Google" atau "Ok Google".

Fitur suara yang tersedia antara lain permintaan untuk melakukan panggilan dan mengendalikan perangkat rumah pintar.


 
 

Pewarta: Livia Kristianti

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024