Kepala Dinas Komunitas, Informatika, dan Statistik Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jadi Pranata menyebutkan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) di wilayahnya memerlukan peningkatan kualitas jaringan internet.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Telkom Kalimantan Barat untuk dapat meningkatkan kualitas layanan internet dalam rangka mendukung penerapan SPBE di Kapuas Hulu," katanya di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalbar, Jumat.

Hadi mengatakan peningkatan layanan jaringan internet menjadi sangat penting dalam mendukung pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik berbasis digital.

"Tidak hanya pihak Telkom, kami juga minta provider yang lain dapat meningkatkan kualitas layanan internet," ucapnya.

Ia menjelaskan penerapan SPBE di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu mulai dilaksanakan pada 2024, sehingga perlu dukungan semua pihak untuk mempermudah akses SPBE tersebut.

Menurutnya, SPBE merupakan penyederhanaan proses bisnis dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang terintegrasi dalam satu sistem sebagai terobosan pemerintah dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

Dalam penerapan SPBE tersebut, Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah bekerja sama dengan Universitas Telkom Bandung dengan harapan pemanfaatan teknologi digital lebih efektif dan efisien.

Oleh karena itu, Hadi berharap adanya kerja sama semua pihak baik organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kapuas Hulu, maupun pihak penyedia jasa layanan internet.

"Semoga kualitas layanan internet di Kapuas Hulu semakin membaik dalam mendukung penerapan SPBE untuk peningkatan layanan publik," sebutnya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024