Berkaitan dengan Hari Laut Sedunia, Satuan Polisi Air Polres Kapuas Hulu mengajak masyarakat untuk menjaga kebersihan Sungai Kapuas dengan tidak membuang sampah di bantaran sungai tersebut.

"Kami minta masyarakat tidak lagi membuang sampah di sungai Kapuas untuk menjaga kualitas air dan kelestarian lingkungan," kata Kepala Satuan Polisi Air Polres Kapuas Hulu Inspektur Polisi Satu (Iptu) Haryono, usai melaksanakan pembersihan pantai Sungai Kapuas dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia, di Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu.

Haryono mengatakan peringatan Hari Laut Sedunia sebagai momentum agar semua pihak menjaga kebersihan sungai terutama Sungai Kapuas yang menjadi sumber air bersih untuk kebutuhan masyarakat dan mengantisipasi sumber penyakit.

Menurutnya, kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai Kapuas masih sangat rendah, padahal Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu sudah menyiapkan tempat pembuangan sampah.

Bahkan, kerap kali sejumlah warga masih membuang sampah dari atas jembatan Uncak Kapuas, tanpa disadari sampah yang terbuang ke sungai Kapuas itu dapat merusak kualitas air dan ekosistem lingkungan sepanjang bantaran sungai Kapuas.

"Kapuas Hulu tidak memiliki laut, hanya ada sungai, oleh karena itu peringatan Hari Laut Sedunia itu dapat dijadikan momentum untuk kita meningkatkan kesadaran untuk menjaga kebersihan lingkungan di sepanjang sungai Kapuas," kata Hariyono.

Dia juga menjelaskan kegiatan pembersihan sejumlah titik tepian sungai Kapuas dalam rangka peringatan Hari Laut Sedunia bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah di sungai Kapuas.

"Menjaga kebersihan lingkungan tugas kita bersama, oleh karenanya kita harus saling mengingatkan agar tidak membuang sampah sembarangan, apalagi jika sampah di buang di sungai Kapuas," katanya.*
Satuan Polisi Air Polres Kapuas Hulu melaksanakan kerja bakti pembersihan tepian Sungai Kapuas dari sampah dalam rangka memperingati Hari Laut Sedunia, di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (ANTARA/HO-Humas Polres Kapuas Hulu)

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024