Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 2 Pontianak menyalurkan 26 ekor sapi sebagai hewan kurban dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah untuk masyarakat di sekitar lingkungan pelabuhan yang ada di Kalbar.

"Hewan kurban yang disalurkan sebanyak 26 ekor sapi kepada masyarakat di sekitar lingkungan pelabuhan di antaranya di Pelabuhan Dwikora- Pontianak, Terminal Kijing, Mempawah, Pelabuhan Sintete-Sambas dan Pelabuhan Suka Bangun-Ketapang," ujar General Manager Pelindo Regional 2 Pontianak, Hambar Wiyadi di Pontianak, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan penyaluran hewan kurban merupakan kepedulian sosial dan tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat. Hal itu juga sekaligus memperkuat tali silaturahim dan ukhuwah islamiyah dalam persaudaraan antar-umat Islam tanpa membedakan golongan.

"Saling membantu dalam kebaikan dan meninggalkan keburukan. Apalagi dengan berkurban dimana dagingnya dibagi kepada yang berkurban, masyarakat, kerabat, sahabat dan untuk fakir miskin," jelas dia.

Ia menambahkan di samping berkurban merupakan tindakan memperkuat ikatan sosial juga dapat membantu mengurangi kesenjangan ekonomi. Dalam kehidupan sehari-hari, juga dapat belajar untuk peduli terhadap orang-orang di sekitar yang membutuhkan bantuan, baik itu dalam bentuk materi, emosional, atau spiritual.

"Artinya kegiatan berkurban tidak hanya sekedar penyembelihan dan distribusi daging melibatkan kerja sama antara individu, keluarga, dan komunitas. Namun juga memperkuat hubungan antara sesama dan memperluas lingkaran solidaritas di dalam masyarakat khususnya mempererat hubungan antara perusahaan dengan masyarakat lokal," katanya.

Lanjutnya, yang lebih terpenting lagi yakni memperkuat jaringan sosial dan komunitas dengan melibatkan partisipasi aktif dari berbagai lapisan masyarakat, salah satunya melalui langkah nyata dengan mendukung peternak lokal sebagai penyedia hewan kurban.

"Tentunya hal ini sejalan dengan komitmen Pelindo dalam mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Melalui program ini, kami mendukung upaya pemerintah mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh Indonesia," kata dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024