Universitas Kadiri di Kediri Jawa Timur menjadikan ajang magang bagi mahasiswa sebagai pembelajaran guna memecahkan masalah dari ilmu yang diperoleh.

"Magang ini agar apa yang diperoleh di lapangan, instansi bisa diketahui. Mahasiswa dari ilmu yang diperoleh bisa memecahkan masalah. Di masyarakat, di lapangan ini jadi praktik utama," kata Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Soedanco Supriadi Walisongo Kediri Heru Marwanto di Kediri, Sabtu.

Heru pada acara wisuda di kampus tersebut mengatakan, di Universitas Kadiri, selain magang, mahasiswa juga dibekali wawasan tentang wirausaha.

Dengan itu, mereka punya bekal untuk menjadi entrepreneur atau wirausaha baik dalam pembelajaran maupun di ekonomi kreatif.

Dia juga mengatakan, kompetensi mahasiswa juga sangat diperhatikan. Setiap program studi dibentuk UKM, entrepeneur yang berbeda sehingga sebagai edukasi sekaligus komunikasi dan koordinasi dengan lintas UKM.

Dengan bekal yang diberikan tersebut, lulusan dari Universitas Kadiri juga siap untuk menghadapi berbagai macam tantangan terlebih lagi di dunia kerja.

Selain memberikan edukasi ke mahasiswa, dosen juga dipacu untuk selalu meningkatkan jenjang pendidikan profesionalnya. Sebab, hal ini juga sebagai bekal memberikan pendidikannya untuk mahasiswa.

Sementara itu, Rektor Universitas Kadiri Djoko Raharjo menegaskan, pihaknya terus berkomitmen untuk mendukung kegiatan pemerintah melalui Kemendikbud tentang peningkatan daya saing bangsa dan peningkatan mutu lulusan.

Pada tahun 2024 ini, Universitas Kadiri telah meraih berbagai penghargaan baik yang diperoleh institusi, dosen maupun mahasiswa dalam berbagai bidang.

"Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi para mahasiswa dan semua civitas akademika yang telah berpartisipasi dalam mencapai prestasi bagi Universitas Kadiri," katanya.

Ia mengungkapkan tentang capaian prestasi yang telah diraih Universitas Kadiri periode Januari sampai Juli 2024, antara lain, mendapatkan penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) terbaik ke-1 oleh LLDIKTI Wilayah VII Jawa Timur skema perguruan tinggi dengan akreditasi baik sekali.

Kemudian, hibah Program Bantuan Pengembangan dan Penyelenggaraan Pembelajaran Digital (P3D), hibah program bantuan akselerasi pengembangan kurikulum dan pembelajaran pendidikan tinggi mendukung kampus merdeka mandiri, mendapatkan berbagai hibah penelitian eksternal dari Kemendikbudristek.

Selain itu, ada hibah penelitian dan pengabdian masyarakat kerja sama dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, mendapatkan hibah pendanaan program pembinaan mahasiswa wirausaha, mendapatkan hibah pendanaan MBKM eksternal dari Kemendikbud Ristek, memberikan hibah pendanaan MBKM mandiri.

Selanjutnya, mahasiswa mendapatkan prestasi akademik maupun non akademik dari berbagai kejuaraan seperti program kreatifitas mahasiswa, bidang kewirausahaan, bidang olahraga, dan masih banyak lagi lainnya.

Sementara itu, dalam wisuda pertama tahun 2024 itu, jumlah lulusan akademik 2023/2024 semester ganjil sebanyak 641 orang, yang terdiri atas fakultas ilmu sosial dan ilmu politik sebanyak 28 mahasiswa, fakultas pertanian enam mahasiswa, fakultas ekonomi dan bisnis 30 mahasiswa, fakultas teknik 65 mahasiswa dan fakultas ilmu kesehatan sebanyak 512 mahasiswa.

Hingga saat ini, kata Djoko, sudah terdapat puluhan ribu lulusan yang siap bersaing dalam dunia kerja baik mengabdikan diri kepada negara ataupun berkontribusi dalam dunia kerja lainnya.

"Semoga sukses ini berlanjut dalam karya dan karir selanjutnya," katanya.

Hadir secara langsung dalam agenda wisuda Universitas Kadiri ini, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII Dyah Sawitri, Forkopimda Kota Kediri, Kepala BNN Kota Kediri, segenap anggota Senat Universitas Kadiri, para orang tua atau wali wisudawan/wisudawati.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024