Pemerintah Kabupaten Nunukan bersama Satgas Pamtas TNI, dan jajaran terkait membagikan bendera Merah Putih kepada masyarakat pesisir, untuk dikibarkan dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Ke-79 Republik Indonesia.

“Kami bersama Satgas Pamtas RI-Malaysia Yon Arhanud 08/MBC, bhabinkamtibmas, ormas, dan komunitas motor membagikan-bagikan bendera Merah Putih,” kata Kepala Kesbangpol Nunukan, Hasan Basri Mursali di Nunukan, Senin.

Wilayah pesisir yang disasar adalah pesisir Kecamatan Nunukan Selatan dan Kecamatan Nunukan Barat. Tim menargetkan 1.000 lembar bendera terdistribusi ke masyarakat.

Selama kegiatan, tim menemukan fakta bahwa masih banyak warga, terutama di wilayah pesisir, yang belum memasang bendera Merah Putih. Beberapa alasan yang dikemukakan antara lain lupa, sibuk dengan pekerjaan, dan tidak memiliki bendera.

"Ini menjadi perhatian kita bersama, maka selain membagikan bendera, kami juga melakukan edukasi tentang pentingnya nasionalisme dan makna simbol merah putih," tegas Hasan.

Aksi bagi-bagi bendera ini mendapat sambutan positif dari masyarakat, salah satunya Fatimah. Ia dan masyarakat lainnya merasa tergerak untuk ikut serta dalam menyemarakkan HUT RI.

"Kami sangat berterima kasih atas inisiatif pemerintah dan semua pihak yang terlibat, semoga kegiatan seperti ini terus dilakukan agar semangat nasionalisme kita tetap terjaga," ungkap Fatimah.

Hasan Basri optimistis target pembagian 1.000 bendera akan tercapai. Ia optimistis semakin banyaknya bendera Merah Putih berkibar, semangat persatuan dan kesatuan bangsa semakin kuat.

"Kami mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memeriahkan HUT RI, tunjukkan bahwa kita adalah bangsa yang besar dan memiliki semangat nasionalisme yang tinggi," pungkasnya.

 

Pewarta: Muh. Arfan

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024