Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas Kalimantan Barat telah menerima berkas pendaftaran dua pasangan calon kepala daerah bupati dan wakil bupati yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah (pilkada) 2024.

Ketua KPU Sambas, Irawati menyebutkan dua pasangan calon yang mendaftar tersebut yaitu dari jalur perseorangan pasangan Misni Safari–Mariadi dinyatakan diterima karena sudah melengkapi persyaratan yang ada dan pasangan Satono- Heroaldi Djuhardi Alwi yang didukung tujuh partai politik.

"Syarat pencalonan dan calon dinyatakan diterima karena sudah lengkap dan benar. Untuk indikator dari persyaratan tersebut yakni ada atau tidak ada atau lengkap atau tidak lengkap," ujar Irawati, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa setelah dinyatakan persyaratan diterima selanjutnya bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sambas Misni–Mariadi melakukan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Bhayangkara Anton Soedjarwo Pontianak pada 30 hingga 31 Agustus 2024.

Terkait untuk syarat dukungan minimal jalur perseorangan yakni 38.955 pemilih yang tersebar di 10 kecamatan.

Sementara tujuh partai pengusung pasangan Satono-Heroaldi Djuhardi Alwi adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Amanat Pembangunan (PAN), Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Demokrat.

Setelah penerimaan pendaftaran pasangan calon, pihaknya melakukan pemeriksaan administrasi untuk melengkapi kekurangan persyaratan.

Sementara itu, Bakal Calon Bupati Sambas, Satono mengatakan hari pertama pembukaan pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Sambas ini merupakan berkah berkemajuan. Hal itu sebagaimana jargon yang diusungnya dalam Pilkada 2024 ini yakni Sambas berkah berkemajuan.

Pewarta: Dedi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024