Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Kalimantan Barat, meresmikan peluncuran Khatulistiwa Business Academy 2024 yang merupakan program wirausaha merdeka tahun kedua sebagai upaya melahirkan generasi pengusaha muda.

"Alhamdulillah, Untan kembali dipercaya sebagai tuan rumah program Wirausaha Merdeka di tahun kedua ini. Tahun lalu kami berhasil menyelenggarakan program ini untuk 208 mahasiswa, dan tahun ini meningkat menjadi 300 mahasiswa," ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Untan Achmadi saat mewakili sambutan Rektor dalam peluncuran program itu, di Untan Pontianak, Minggu.

Achmadi menjelaskan bahwa program tersebut merupakan inisiatif dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yang sudah memasuki tahun kedua pelaksanaannya di Untan. Program tersebut menjadi pintu masuk menjadikan pengusaha muda dan bagian dari menjawab tantangan lulusan yang bisa bersaing dan mandiri.

Ia menambahkan, Program Wirausaha Merdeka merupakan salah satu program nyata dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk mendorong mahasiswa meraih pencapaian sesuai indikator kinerja utama perguruan tinggi.

"Salah satu indikator kinerja utama adalah salah satunya mahasiswa lulusan itu bekerja, yang kedua melakukan kegiatan di luar kampus, jadi bekerja ini salah satu indikator," ujar dia pula.

Lebih lanjut ia menyampaikan, untuk tahun ini Untan juga memperkenalkan program dengan nama Khatulistiwa Business Academy, yang melibatkan 300 mahasiswa, termasuk dari Untan dan tujuh mitra perguruan tinggi lainnya.

"Alhamdulillah, tahun lalu, dari 208 peserta, banyak yang sudah melanjutkan usahanya dan menghasilkan pendapatan yang bahkan lebih tinggi dari gaji CPNS," katanya lagi.

Ia menegaskan, Untan terus mendukung pengembangan kewirausahaan di kalangan mahasiswa sebagai upaya mencetak generasi muda yang mandiri dan berdaya saing.

Ketua Penyelenggara Khatulistiwa Business Academy 2023 Ikwan Ruslianto menambahkan bahwa program tahun kedua ini mengusung tema “Khatulistiwa Business Academy” dengan tagline “Tumbuh Bersama”.

“Harapan kami, mahasiswa yang terlibat dalam program ini bisa tumbuh menjadi calon pengusaha, yang nantinya akan dipimpin oleh para mentor yang sangat luar biasa,” ujar Ikhwan.

Ia juga menjelaskan bahwa program ini merupakan lanjutan dari tahun pertama yang bertajuk "Sekolah CEO Tanjungpura".

“Alhamdulillah, kami dari tim pengelola kembali percaya tahun ini. Program ini, meskipun diselenggarakan oleh Untan, berstatus sebagai MBKM Flagship, dan kami ditunjuk sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) oleh Kemendikbudristek,” kata Ikhwan pula.


 

Pewarta: Kristian Jonathan

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024