Satuan Polisi Lalu Lintas Polres Garut mengedukasi kalangan pelajar tentang aturan berlalu lintas agar memiliki kesadaran menjaga keselamatan, sehingga bisa menekan kasus kecelakaan yang melibatkan pelajar di Kabupaten Garut, Jawa Barat.

"Kami rutin menyampaikan ke siswa-siswa dengan datang langsung ke sekolah agar mereka memahami tentang aturan lalu lintas untuk keselamatan bersama," kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut Iptu Aang Andi Suhandi usai kegiatan puncak peringatan Hari Jadi ke-69 Satuan Polisi Lalu Lintas di Markas Polres Garut, Selasa.

Ia menuturkan, Satuan Lalu Lintas Polres Garut selama ini memiliki program rutin  setiap hari Senin seluruh perwira datang ke sekolah-sekolah memberikan materi kepada pelajar tentang aturan berlalu lintas.

Tujuan dari kegiatan itu, kata dia, untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran kalangan pelajar tentang pentingnya tertib berlalu lintas untuk keamanan, dan juga keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

Ia menjelaskan, kampanye tertib lalu lintas itu meliputi aturan usia yang diperbolehkan mengoperasikan kendaraan bermotor, termasuk pelajar yang belum memiliki surat izin mengemudi (SIM) tidak boleh berkendara.

Begitu juga siswa yang menggunakan jasa transportasi ojek daring, kata dia, tetap harus mematuhi aturan dengan selalu memakai pelindung kepala untuk keselamatan diri, atau menghindari risiko berat apabila terjadi sesuatu di jalanan.

"Pesan yang disampaikan terkait edukasi aturan berkendara, pada dasarnya pelajar yang belum cukup umur tidak boleh pakai kendaraan, harus punya SIM dulu, kalau pun pakai Grab harus pakai helm," katanya.

Ia berharap upaya kepolisian mengedukasi pelajar itu bisa terus menekan kasus kecelakaan lalu lintas yang menimpa atau diakibatkan kalangan pelajar yang berkendara karena melanggar peraturan lalu lintas.

"Mudah-mudahan ke depan semakin menurun lagi (kasus kecelakaan) dan masyarakat tentunya harus lebih mengerti berlalu lintas," katanya.

Sementara itu, perayaan Hari Satuan Lalu Lintas tingkat Polres Garut dilaksanakan dengan berbagai kegiatan yang di dalamnya diisi dengan kampanye tertib lalu lintas, seperti kegiatan jalan santai.

Selanjutnya kegiatan bakti sosial maupun religi yang datang langsung ke sejumlah kalangan masyarakat di Kabupaten Garut.

"Kita datang kepada masyarakat, sosialisasi tentang tertib lalu lintas, dan kami pun dari lalu lintas Polres Garut tentunya kegiatan itu untuk menekan kecelakaan lalu lintas," katanya.

Pewarta: Feri Purnama

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024