Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku menyatakan Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke provinsi itu untuk meninjau penanganan stunting, pasar, dan pembangunan lainnya pada 3 Oktober 2024.

"Agenda kunjungan kerja Presiden harus dipersiapkan dengan matang, yang mana pada tanggal 3 Oktober 2024 nantinya Presiden Jokowi dijadwalkan akan melaksanakan kunjungan ke Kabupaten Buru Selatan terlebih dahulu," kata Plh Sekda Maluku Syuryadi Sabirin di Ambon, Jumat.

Sabirin menjelaskan agenda Presiden Jokowi di Buru Selatan untuk mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan pasar guna mengecek perkembangan BPJS, alat kesehatan, melihat pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, serta untuk memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga.

Pada hari kedua, Presiden Jokowi dijadwalkan mengunjungi Kabupaten Seram Bagian Timur untuk meninjau RSUD Kecamatan Bula guna mengetahui penanganan penurunan Stunting, penanganan polio, tuberkulosis, dan kondisi kesehatan masyarakat di sana serta terkait BPJS Kesehatan.
 

“Selain itu Presiden Jokowi juga akan mengunjungi SMK Negeri 1 Seram Bagian Timur dengan jurusan unggulan bidang agribisnis, untuk memberikan semangat dan motivasi agar setelah lulus bisa menciptakan lapangan kerja baru,” katanya.

Selain Presiden Jokowi juga akan melakukan Shalat Jumat pada masjid raya yang ada di sana dan setelahnya akan kembali ke Ambon untuk bertolak ke Jakarta.

Untuk itu pihaknya telah melaksanakan rapat koordinasi yang dihadiri juga oleh Forkopimda Provinsi Maluku, pimpinan OPD terkait lingkup Pemprov Maluku, serta para pemangku kebijakan lainnya.

"Untuk mendukung kunjungan kerja presiden ke Provinsi Maluku, maka keamanan harus dijaga dengan baik, agar presiden bisa nyaman melaksanakan agendanya di Maluku," tuturnya.
 

Serangkaian persiapan pun telah dilakukan, salah satunya dengan menggencarkan sosialisasi penertiban kawasan Pasar Mardika Ambon untuk menciptakan kondisi dagang yang baik saat Presiden Jokowi berkunjung ke Maluku.

Selain itu  BKKBN Maluku juga telah melakukan peningkatan kapasitas pelaksana program penurunan stunting pada beberapa kabupaten dan kota.

Tak hanya itu pembangunan sejumlah infrastruktur kesehatan pada kabupaten/kota di Maluku juga terus digencarkan untuk menyukseskan program-program Presiden Jokowi yang telah menjabat 10 tahun.
 



 

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024