Aparatur Sipil Negara (ASN) tak perlu khawatir dalam menghadapi masa pensiun, karena memiliki peluang untuk mengisi masa-masa pensiun sebagai wirausahawan dengan memanfaatkan layanan melalui perbankan, terutama dari Bank Kalbar.

Bank Kalbar turut berpartisipasi dalam pembekalan menjelang purna tugas tahun 2025 dan 2026 yang digelar BKPSDM Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat di Pendopo Bupati Sukadana belum lama ini.

Pj Bupati Kayong Utara, Alfian mengatakan, bahwa dalam menghadapi masa purna tugas, ASN harus dapat memahami gambaran tentang rencana-rencana keuangan, seperti investasi dan kewirausahaan, baik melalui layanan Taspen maupun perbankan.

"Pemerintah Kabupaten Kayong Utara berupaya memberikan kesiapan, baik secara piskologis maupun kesehatan serta kapasitas kewirausahaan kepada ASN menjelang purna tugas dan mengetahui layanan Taspen dari perbankan," kata Alfian.

Kegiatan pembekalan menjelang masa pensiun bagi 81 ASN di lingkungan pemerintahan Kabupaten Kayong Utara ini, dibuka secara resmi oleh Pj Bupati Alfian, dihadiri Kepala BKPSDM, Kepala Bank Kalbar Cabang Sukadana, Kepala Cabang PT Taspen Persero Pontianak serta sejumlah tamu undangan lain.

Baca juga: ASN Tak Perlu Khawatir Hadapi Masa Pensiun, Manfaatkan Layanan Bank Kalbar

"Semoga melalui acara ini, dapat memberikan pembekalan kepada PNS untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi masa pensiun, memberikan motivasi dan inspirasi mengenai berbagai usaha yang dapat dijadikan referensi, terutama setelah memasuki masa pensiun," ucap Alfian.

Kepala Cabang Bank Kalbar Sukadana, Agung Saptono dalam kesempatan itu menyampaikan, bahwa Bank Kalbar siap memberikan konsultasi bagi ASN yang sudah purna tugas, dengan berbagai skema kredit dari Bank Kalbar.

Khusus bagi pensiunan, Bank Kalbar memiliki program Kredit Kuserna Pensiun. Kredit ini menawarkan suku bunga yang sangat kompetitif, yaitu sebesar 5,37 persen per tahun dan jangka waktu hingga 20 tahun. Skema kredit bagi para pensiunan ini, bisa diperuntukkan merenovasi rumah, membeli kendaraan, membiayai pendidikan anak atau kebutuhan lainnya. Kredit Kuserna Pensiun memang dihadirkan Bank Kalbar sebagai solusi finansial yang fleksibel dan terpercaya.

"Bank Kalbar memahami, bahwa masa pensiun adalah waktu untuk menikmati hasil kerja keras selama berthaun-tahun. Melalui Kredit Kuserna Pensiun, Bank Kalbar mendukung para pensiunan dalam menjalani masa-masa purna tugasnya dengan nyaman dan tanpa beban finansial," kata Agung.

Baca juga: Investasi properti bisa jamin atlet di masa pensiun

Selain Kuserna (Kredit untuk Serbaguna), Bank Kalbar juga memiliki program kredit Kapuas (Kredit Angsuran Pasti untuk Apa Saja) Plus. Kredit ini menawarkan berbagai keuntungan, termasuk suku bunga mulai dari 5,37 persen setara flat /  tahun  dan jangka waktu hingga 20 tahun. Ada juga produk tabungan berjangka, yakni Tabungan Bekal (Berencana Kalbar) yang bisa dimanfaatkan untuk persiapan pensiun.

"Sebagai bank daerah, Bank Kalbar menyediakan berbagai program khusus bagi ASN yang telah pensiun. Program ini bertujuan agar para pensiunan ASN nantinya bisa tetap beraktivitas dalam pengembangan ekonomi rumah tangganya. Untuk produk pembiayaan syariah, Bank Kalbar juga memiliki program Pembiayaan Serbaguna, yang bisa dimanfaatkan oleh pegawai yang aktif maupun pensiunan," kata Agung.

Pewarta: Rilis

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2024